Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PBSI FKIP Uhamka Siap Jadi Jurnalis Unggul

Jumat, 12 Januari 2024 | 1/12/2024 10:04:00 PM WIB | Last Updated 2024-01-12T15:04:09Z


Serambiupdate.com
- Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengunjungi TV Muhammadiyah (TVMU) dalam rangka Studi Banding Jurnalistik di Kantor TVMU, Jakarta Pusat, Jum’at (12/1).


Acara yang diikuti oleh 27 mahasiswa jurnalistik PBSI FKIP Uhamka ini dihadiri oleh Abdul Latif selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Jurnalistik, Makroen Sanjaya selaku Direktur TVMU, dan Ichsan Marsha Executive Producer Dapartment News TVMU.


Dosen PBSI FKIP Uhamka, Abdul Latif menyampaikan PBSI FKIP Uhamka memiliki tiga penjurusan mata kuliah untuk mahasiswa, diantaranya Bahasa Indonesia Pengantar Asing (BIPA), Sastra, dan Jurnalistik. Kunjungan ini merupakan bagian dari proses perkuliahan mata kuliah Jurnalisitik. Ia juga berharap kegiatan ini memberikan kesan dan pengalaman yang baik untuk mahasiswa, sehingga para mahasiswa memiliki bekal yang cukup matang sebelum terjun ke dunia jurnalistik.


“Saat ini, PBSI FKIP Uhamka memiliki tiga Mata kuliah penjurusan, diantaranya BIPA, Sastra, dan Jurnalistik. Mahasiswa yang memiliki minat lebih di bidang jurnalisitik pun mengikuti mata kuliah jurnalisitik. Dalam kaitan ini, saya sebagai Dosen Pengampu mengajak mahasiswa ke TVMu agar memiliki pengalaman di bidang jurnalisitik. Sehingga, ketika lulus dan mereka ingin terjun langsung di dunia jurnalistik, mereka sudah memiliki bekal yang cukup,” ujarnya.


Selanjutnya, Ketua kelas jurnalistik PBSI FKIP Uhamka, Nanda Khoirina mengungkapkan kesan baiknya selama melakukan kunjungan di TVMU, menurutnya kunjungan ini menjadi wadah mahasiswa untuk belajar sembari mengambil pengalaman tentang dunia jurnalistik. Kegiatan ini pun semakin menumbuhkan semanga Nanda dalam mempelajari jurnalistik.


“Melalui kegiatan ini, saya mendapat banyak pengalaman dan belajar tentang proses pemberitaan di televisi dan bagaimana kehidupan jurnalistik. Itu menumbuhkan keingintahuan saya sebagai mahasiswa PBSI yang mengambil jurusan yang relevan untuk terus belajar. Terima kasih kepada TvMU yang telah menerima kami dengan baik dan mengajarkan kami banyak ilmu tentang jurnalistik,” pungkasnya.


Direktur TVMU, Makroen Sanjaya mengungkapkan TVMuhammadiyah sebagai media persyarikatan memiliki tanggungjawab moral bagi Hamka Muda untuk belajar dan praktik tentang jurnalistik. Menurutnya, asal-muasal jurnalis bukan hanya dari jurusan komunikasi, tapi juga multidisiplin keilmuan. Ia juga menambahkan, melalui kegiatan ini, mahasiswa Uhamka akan menjadi perantara kolaborasi yang telah terjalin antara Uhamka dan TVMU.


“TVMU sebagai televisi persyarikatan memiliki tanggungjawab bagi generasi muda yang ingin belajar dan praktik tentang dunia jurnalistik. Uhamka telah lama bekerjasama dengan TVMU, kegiatan ini tentu akan menguatkan kolaborasi antara Uhamka dan TVMU,” tuturnya.


Mahasiswa Uhamka begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Di sela-sela acara, Ichsan Marsya selaku narasumber memberikan materi tentang keredaksian kepada para mahasiswa. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian plakat dan sertifikat untuk Direktur TVMU dan narasumber. Di akhir kegiatan, mahasiswa diajak untuk mengunjungi beberapa ruangan, seperti Studio TVMU, ruang editing, dan Ruang Master Control Room (MCR).

=