Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa BK UHAMKA Laksanakan KKN di Desa Cihanjuang Rahayu Bandung Barat

07 Maret 2023 | Selasa, Maret 07, 2023 WIB | Last Updated 2023-03-07T05:12:53Z


Serambiupdate.com Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa semester tujuh dengan tujuan memiliki pengalaman bersosialisasi dengan masyarakat sekitar melalui peng-implementasian layanan BK. Kegiatan berlangsung (30/01) hingga (27/02), tepatnya di RW 07, RW 11, dan RW 16, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan yang diketuai oleh Andini Puspa Ningrum ini memiliki program kerja  yaitu penyelenggara Isra Mi’raj, pelaksanaan Posyandu, pembuatan Plang Jalan dan memfasilitasi lampu penerangan jalan serta pengadaan bak sampah. Program kerja utama meliputi pemberian layanan informasi, konseling individual, serta layanan bimbingan kelompok. 

Yugo Al-Ghaffar selaku mahasiswa yang terlibat dalam pelaksanaan KKN ini menyatakan, “Program Kerja lebih difokuskan di bidang sosial, yaitu penyediaan lampu penerangan jalan, plang jalan, dan juga bak sampah dengan tujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga terciptanya lingkungan yang aman serta nyaman.”

“Tidak terlepas dari program studi yang kami ampu, setiap mahasiswa juga melaksanakan pemberian layanan Bimbingan dan Konseling. Seperti layanan informasi mengenai parenting, layanan konseling individual, dan layanan bimbingan kelompok dengan melihat fenomena yang dialami para remaja di desa setempat. Layanan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif dan bermanfaat, serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya.” Jelasnya.

 “Seluruh rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan di RW 07, RW 11, dan RW 16 desa Cihanjuang Rahayu telah terlaksana dengan baik, kemudian diharapkan dapat memberikan manfaat dan keberkahan bagi warga sekitar, serta menjadi desa yang lebih baik lagi ke depannya terutama bagi warga sekitar desa Cihanjuang Rahayu dalam Bidang Sosial, Keagamaan dan juga Pendidikan.” Tegasnya.


=