Notification

×

Iklan

Iklan

Rancang Peradaban Islam yang Sejahtera, Uhamka Terima Tamu dari Forum Cheng Ho Bersama PP Muhammadiyah

Jumat, 19 Januari 2024 | 1/19/2024 09:31:00 AM WIB | Last Updated 2024-01-19T02:40:08Z

 


Serambiupdate.com
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menerima kunjungan PP MUhammadiyah dan Yongma dari USA, Ruang Sidang I Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Rabu (17/1).

 

Acara ini turut dihadiri oleh Prof Syafiq A. Mughni selaku Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hubungan dan Kerja Sama Internasional , Saad Ibrahim selaku Ketua PP Muhammadiyah selaku Tabligh, Dakwah Komunitas, Kepesantrenan, dan Pembinaan Haji-Umrah, Yayah Khisbiyah selaku Sekretaris LHKI PP Muhammadiyah, Yongma selaku Presiden dari Cheng Ho Forum, Prof Sudarnoto Abdul Hakim selaku Badan Pembina Harian Uhamka (BPH), Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka, Muhib Rosyidi selaku Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al Islam Kemuhammadiyahan (LPPAIK) Uhamka, Puri Pramudiani selaku Kepala Divisi Kerjasama dan Urusan Internasional Lembaga Pembinaan Publikasi, Perangkingan, Kerjasama, dan Urusan Internasional (LP3KUI) Uhamka, Purnama Syae Purrohman selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka, Ai Fatimah Nur Fuad selaku Dekan Fakultas Agama Islam (FAI), dan stakeholders.

 

Muhammad Dwifajri menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kesadaran dunia Islam di atas kondisi masyarakat muslim di dunia, diantaranya tragedi kemanusiaan di Palestina. Selanjutnya, Muhammadiyah beserta forum Cheng Ho bermaksud untuk membangun museum  yang sangat penting untuk mengingat tragedi kemanusiaan agar menjadi pembelajaran bagi seluruh manusia. Maka Uhamka yang menjadi bagian dari masyarakat muslim, dunia dan kampus memiliki kepentingan untuk mendidik mahasiswa hingga masyarakat yang lebih luas.

 

“Untuk mengingat sejarah tragedi kemanusiaan di Palestina maka rencana kedepannya kami akan membuat museum. Harapan adanya museum ini akan menjadi nasihat agar tragedi kemanusiaan itu tidak terulang lagi,” tutur Fajri.

 

Sementara itu, Prof Syafiq A. Mughni selaku Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hubungan dan Kerja Sama Internasional menyebutkan tujuan dari pertemuan ini ialah kedepannya akan membangun museum Palestina memperingati peristiwa Nakba sebagai media pembelajaran, pendidikan, dan pencerahan bagi umat Islam dan pemeluk agama lain. Rencana kedua yaitu, gagasan untuk mengembangkan kerja sama Uhamka dengan forum Cheng Ho.

 

“Tujuan dari kegiatan ini kedepannya akan membangun museum Palestina memperingati peristiwa Nakba sebagai media pembelajaran, pendidikan, dan pencerahan bagi umat Islam dan pemeluk agama lainnya. Rencana kedua yaitu, gagasan untuk mengembangkan kerja sama Uhamka dengan forum Cheng Ho,” ujar Prof Syafiq.

 

Di lain pihak, Yongma selaku Presiden dari Cheng Ho Forum menjelaskan bahwa sangat penting bagi masyarakat Islam terutama yang berada di kalangan Muhammadiyah dalam selalu meningkatkan kualitas pendidikan sebagai perjuangan kita untuk kemajuan peradaban Islam baik di Indonesia dan dunia.

 

"Sangat penting bagi muhammadiyah untuk meningkatkan kesadaran intelektualitas dalam pendidikan untuk berfokus dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Tidak hanya berfokus kepada kemajuan pendidikan namun juga teknologi, penghidupan, dan kesejahteraan, karena kita tidak hanya sebagai orang yang religius namun juga kita merupakan masyarakat sosial," ucap Yongma.

=