Notification

×

Iklan

Iklan

Optimalkan Komunikasi Berkualitas, Dosen PBSI FKIP Uhamka Beri Pelatihan Retorika untuk Koordinator RT

Sabtu, 20 Januari 2024 | 1/20/2024 08:53:00 AM WIB | Last Updated 2024-01-25T12:24:58Z

 


Serambiupdate.com
Tim Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melaksanakan kembali kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari tugas keprofesionalan perguruan tinggi di Permuahan BTR 3 Cluster Diamond Bekasi, Minggu (16/7).

 

Kegiatan ini dilakukan dengan komitmen totalitas dan integritas untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia, khususnya bagi para Koordinator RT. Pelaksanaan pengabdian ini dipimpin oleh Sulistyawati dan didukung oleh Nur Amalia serta Irwan Baadilla sebagai anggota tim.

 

Dalam sambutannya, Sulistyawati mengutarakan bahwa pelatihan retorika dalam etika komunikasi dapat menjadi investasi berharga untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan bersama bagi koordinator RT di Cluster Diamond Bekasi. Hal ini dapat membantu para koordinator RT dan warga untuk menyampaikan informasi dengan lebih jelas dan persuasif. Selain itu, para dosen dan koordinator RT terlibat dengan totalitas dan integritas dalam memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan keterampilan berbicara.

 

“Totalitas dan integritas ini tercermin dalam komitmen para dosen dan koordinator RT terlibat secara sepenuh hati dan maksimal dalam kegiatan tersebut. Hal ini terlihat adanya menekankan keterlibatan penuh dan integritas dari pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut, dengan tujuan memberikan dampak positif yang nyata pada peningkatan keterampilan berbicara peserta. Harapannya, materi dan pelatihan yang disampaikan dapat diimplementasikan oleh para kordinator dan pengurus RT, serta menghasilkan artikel yang dapat dipublikasikan dalam jurnal terakreditasi.,” tutur Sulis.

 

 

Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 13 (tiga belas) koordinator RT, 1 ketua RT dan 1 pengurus RT, serta 1 (satu) mahasiswa. Terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu permintaan RT yang ingin memberikan kesempatan kepada koordinator dan pengurus RT untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Hal ini dapat membantu menjadi lebih percaya diri dalam menyampaikan gagasan, berbicara di hadapan umum, dan berpartisipasi aktif dalam diskusi.

 

Untuk itu, tim pengabdian masyarakat FKIP PBSI FKIP Uhamka telah menyusun tips dan trik praktis untuk membantu para kordinator dan pengurus RT meningkatkan dan menguatkan keterampilan berbicaranya melalui pelatihan.

=