Notification

×

Iklan

Iklan

Bersama Mahasiswa Filipina, PBSI FKIP Uhamka Kenalkan Budaya dan Bahasa Indonesia

Sabtu, 09 Desember 2023 | 12/09/2023 02:08:00 PM WIB | Last Updated 2023-12-11T03:55:40Z


Serambiupdate.com
- Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melaksanakan kegiatan seminar dalam rangka kerja sama antara Mahasiswa Filipina dengan Uhamka dengan memperkenalkan budaya dan bahasa Indonesia kepada penutur asing dengan tema “Boosting Academic Cooperation And Internationalization Through Accessing Gainful Knowledge, Informasi and Strategies” atau disingkat BIGKIS 2023 yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan luring di ruang kelas Microteaching FKIP Uhamka, Kamis (7/12).


Kegiatan seminar ini dihadiri oleh sejumlah Mahasiswa Filipina Central Bicol State University Of Agriculture, Purnawa Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka, Prof. Prima Gusti Yanti selaku Ketua Prodi PBSI FKIP Uhamka, Nur Aini selaku Dosen Pembimbing, Abdul Rahman Jupri selaku Dosen Pembimbing serta Mahasiswa PBSI FKIP Uhamka semester V.


Salah satu kegiatan utama pada acara BIGKIS ini ialah memperkenalkan Bahasa Indonesia sekaligus mempertunjukan salah satu budaya Indonesia berupa Tarian Dodogeran yang berasal dari Jawa barat. Pada kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia ini meliputi mengenalkan nama-nama tempat di Indonesia, nama-nama hari, warna, abjad, bulan dan memperkenalkan indentitas menggunakan Bahasa Indonesia. 


Purnawa Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka menuturkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan bahasa Indonesia kepada mahasiswa dari mitra kerja sama Central Bicole State University of Agriculture, dari Filipina. Acara ini adalah acara tahunan dari CBSUA untuk mendorong internasionalisasi, dengan mengundang mitra kerja sama. Kebetulan kampus ini sudah lama bekerjasama dengan Uhamka pada beberapa kegiatan akademik secara resiprokal.


“Harapan saya dari kegiatan ini dapat mengenalkan lebih luas Lembaga Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing bagi mahasiswa dan akademisi Filipina. Lembaga BIPA FKIP Uhamka baru diinisiasi untuk mendukung jumlah mahasiswa asing di Uhamka,” tutur Purnama.


Di lain pihak, Nur Aini Puspitasari atau kerap di sapa Ibu Pipit selaku dosen pengampu mata kuliah BIPA menceritakan pengalamannya mengajarkan Bahasa Indonesia di Thailand Selatan tepatnya di kota YALA setahun lalu. Selain itu juga ia menuturkan harapan dan rencananya untuk bekerja sama di salah satu Universitas Thailand Selatan dan bisa belajar Bahasa Indonesia di FKIP Uhamka. Namun sebelum itu, mahasiswa tersebut harus mengambil pembelajaran BIPA selama tiga atau empat semester. 


“Tahun lalu saya memperkenalkan sekaligus mengajarkan Bahasa Indonesia di Thailand Selatan tepatnya di Yala. Saya berencana untuk membawa beberapa mahasiswa Thailand untuk dapat belajar Bahasa Indonesia di Uhamka namun sebelum itu mereka perlu mengambil pembelajaran BIPA tiga atau empat semester,” tuturnya.


Selanjutnya, Ia juga menyampaikan harapan besarnya kepada pembelajaran BIPA bahwa pembelajaran BIPA ini tidak hanya ditujukan kepada mahasiswa tetapi juga bisa ditujukan kepada para tour guide di negara-negara eropa terkhusus Turki.


“Saya berharap pembelajaran BIPA ini tidak hanya kepada mahasiswa tetapi juga bisa tour guide. Contohnya di Turki. Tour guide mereka kebanyakan dapat berbahasa Indonesia. Karena memang negara Turki merupakan negara yang paling sering dikunjungi oleh warga Indonesia,” tuturnya. 


Sementara itu, Kristel selaku Mahasiswa Filipina menuturkan bahwa kegiatan BIGKIS merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menambahkan pengetahuan mengenai negara Indonesia melalui pembelajaran Bahasa Indonesia. Kristel juga menyebutkan bahwa ia berharap dapat berkunjung ke Indonesia dan mengunjungi tempat-tempat yang menarik.


“Bahasa Indonesia itu sangat menyenangkan, dan memiliki banyak tempat yang indah. Saya berharap saya bisa kesana secepatnya.,” ungkap Kristel salah satu Mahasiswa Filipina.


Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka . Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka


=