Notification

×

Iklan

Iklan

PERNIKAHAN DINI

15 Desember 2021 | Rabu, Desember 15, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-15T03:24:21Z

 



Karya Arisma Desiyanti

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Fikes UHAMKA

Di tengah masa pandemi yang belum usai justru membuat banyak orang melakukan pernikahan dini padahal pemerintah Indonesia telah menetapkan batas minimal menikah di usia 19 tahun, alasan mereka untuk menikah dini karena kurang pengetahuan seks bebas dan moral pendidikan selain itu juga anak anak merasakan rasa bosan belajar daring hal yang paling mendasar penyebab adanya pernikahan dini ini dikarenakan permasalahan ekonomi yang terjadi di keluarganya.

Dengan menikahkan anak perempuan berarti beban orang tua dalam menghidupi anak tersebut berkurang karena anak perempuan akan menjadi tanggung jawab suaminya setelah menikah. Anak yang dinikahkan diharapkan memiliki kehidupan yang lebih baik, praktik pernikahan dini juga terlihat di keluarga yang menengah ke bawah.

Pernikahan dini bukanlah solusi yang tepat Karena akan menimbulkan perkara lain seperti resiko penyakit seksual meningkat di dalam pernikahan pasti terjadi hubungan seksual sedangkan hubungan seksual yang di lakukan oleh seorang dibawah 18 tahun akan lebih berisiko karena penyakit menular seksual, seperti HIV karena  pengetahuan seksual yang sehat dan aman masih minim.

Pernikahan tidaklah sesederhana yang dibayangkan perlu kematangan baik fisik, psikologis maupun emosional inilah alasan kenapa pernikahan dini tidak disarankan dan harus ditekankan dari sekarang.

 

=