Notification

×

Iklan

Iklan

Opini : Generasi tanpa sekolah

04 Agustus 2021 | Rabu, Agustus 04, 2021 WIB | Last Updated 2021-08-04T11:36:56Z



Karya Fitri dhamimah

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Pandemi COVID-19 di Indonesia, menjadikan aktifitas masyarakat untuk berinteraksi dihentikan dan beralih menggunakan aktivitas daring. Kondisi ini tidaklah mudah untuk Lembaga Pendidikan. Proses pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh.

Berbagai kebijakan pemerintah telah dikeluarkan dari pengaturan zona boleh tidaknya sekolah dibuka atau tidak dengan aturan protokol kesehatan yang ketat, termonitor membudayakan pola hidup bersih dan sehat dalam rangka pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Meskipun sudah diberikan pedoman pembelajaran di masa COVID-19, di beberapa daerah banyak memilih pembelajaran dengan daring untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Tetapi dalam pelaksanaannya, banyak persoalan yang terjadi dalam pembelajaran daring ini.

Kondisi sekolah di masa pandemi COVID-19 sangat memprihatinkan. Kondisi ini mengingatkan kembali gagasan Ivan Illich, seorang pemikir pendidikan yang pernah hidup di Amerika. Semangat membebaskan masyarakat dari kecenderungan menganggap sekolah sebagai satu-satunya lembaga pendidikan merupakan gagasan Ivan Illich dalam memandang fungsi sekolah tidak lagi sejalan dengan tujuan pendidikan untuk memanusiakan manusia.

Sekolah sebagai Lembaga itu terdapat adanya guru, kehadiran siswa di sekolah dan sekolah terdapat kurikulum. Sekolah sebagai lembaga, pendidikan seharusnya hak semua orang untuk belajar.Tetapi kenyataannya, sekolah dipenuhi dengan kewajiban-kewajiban tertentu. Kepatuhan siswa harus hadir dan belajar di sekolah. Sekolah seperti dijadikan sebagai tempat satu-satunya untuk belajar.Anak yang pandai identik dengan anak sekolahan. Sekolah juga dibuat peringkat, manusia dibuat kelas-kelas yang tidak memanusiakan manusia. Terdapat kurikulum yang merupakan sebagai modal sekolah, kurikulum terdapat kurikulum tersembunyi yang menanamkan pandangan bahwa jika menginginkan kehidupan yang baik dan benar itu harus mengikuti apa yang diajarkan di sekolah. Guru dalam melaksanakan kurikulum, guru hanya mengikuti apa yang ada dalam kurikulum.

Pada kenyataannya pembelajaran jarak jauh atau daring masih dianggap sebagai proses sekolah meskipun dengan berbagai kekurangan baik dari guru, siswa dan orang tua.Dilihat dari keadaan guru dan siswa, sekolah di masa pandemi, guru kesulitan dalam berkomunikasi dengan siswa. Hal ini karena keterbatasan model pembelajaran daring yang tidak lagi pada ruang kelas di sekolah, melainkan sekolah berpindah di masyarakat atau di rumah.Pada masa pandemi ini, orang tua atau keluarga justru menjadi guru sekolah di rumah. Orang tua mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran dan memotivasi anak saat mendampingi belajar di rumah.

Sejatinya fungsi sekolah adalah untuk menciptakan tujuan pendidikan memanusiakan manusia, tidak untuk membatasi waktu, tempat, bentuk, dan aturan siswa dalam belajar. Hal ini bisa menjadi bahan kajian dalam merumuskan fungsi sekolah setelah masa pandemi COVID-19, terkait tujuan dari fungsi sekolah yang seharusnya berjalan sesuai tujuan pendidikan


=