Notification

×

Iklan

Iklan

KKN Tematik Mahasiswa PG PAUD Uhamka; Pendampingan Belajar dan Ibadah di TPA Aceh Besar

31 Agustus 2021 | Selasa, Agustus 31, 2021 WIB | Last Updated 2021-08-31T10:21:51Z



Serambiupdate.com Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Penididkan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA terlibat dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN ) Tematik. Kuliah Kerja Nyata Tematik ini adalah salah satu bentuk pengabdian mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan meningkatkan kompetensi dan wawasan dalam mengimplementasikan eksistensi mahasiswa di masyarakat.

 

KKN Tematik dilakukan oleh Hana Hanifah, Andi Aulianisa Fitri, Ade Tika Tazzahroh, Noperelia Pujianda, Syarah Datul Hafizah, Sekar ayu, dan Ulfa Fadhliah dengan memiliki kegiatan yang beragam, diantaranya bidang Kewirausahaan, Sosialisasi Vaksin, pendampingan belajar, kreativitas dan keaksarahan awal serta pendampingan ibadah.

 

Kegiatan KKN Tematik ini di laksanakan selama 30 hari sejak 15 Juli sampai 15 Agustus bertempat pada domisil mahasiswa masing-masing. Satu kegiatan KKM Tematik yang dilakukan Ulfa Fadhliah yaitu melakukan Pendampingan Belajar dan Ibadah  di  TPA di Jl. Teladan , Lr. Mesjid Al-Fatah, Dusun Teladan, desa Garot kec, Darul Imarah – Aceh Besar.

 

Ulfa mengungkapkan,“kegiatan yang di lakukan di Taman Pendidikan Al-Qur’an dengan berbagai macam aktivitas mulai dari hari Senin sampai Kamis anak-anak belajar mengaji, pada hari Jum’at hafalan surah-surah pendek, dan di hari Sabtu anak Taman Pendidikan Al-Qur’an tersebut belajar ibadah sholat.”

 

Dia Kembali memaparkan, “dalam pelaksanaannya Protokol Kesehatan selalu diterapkan,yaitu dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk ruangan dan juga tersedia handsanitizer di beberapa tempat. Pada masa Pandemi Covid-19 ini terdapat 3 kelas belajar di Taman Pendidikan Al-Quran yang dilakukan secara bertahap. Dikarenakan harus menjaga jarak, TPA membuat kebijakan di dalam 1 kelas hanya boleh di isi oleh 10 anak,yang sebelum pandemi 1 kelas bisa mencapai 20 orang dengan 3 orang ustazah pendamping.”

 

Selanjutnya, dia menjelaskan, "saat kegiatan KKN Tematik ini berlangsung saya bertugas membantu ustazah yang sedang mengajar didalam kelas, saya masuk ke dalam kelas bersamaan dengan ustazah untuk melakukan pendampingan belajar anak-anak TPA dan saya  di tugaskan oleh penanggung jawab TPA untuk memegang satu kelas bersama dengan rekan saya ustazah Inong untuk membantu mengajarkan anak-anak yang ada di TPA tersebut."

 

“Diharapkan pelaksanaan KKN Tematik di Jl. Teladan , Lr. Mesjid Al-Fatah, Dusun Teladan, desa Garot kec, Darul Imarah – Aceh Besar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama anak-anak yang mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an dan diharapkan semoga ilmu yang di dapatkan dapat bermanfaat dan juga menjadi anak yang sholeh dan sholehah,“Pungkas Ulfa.


=