Notification

×

Iklan

Iklan

Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

21 April 2021 | Rabu, April 21, 2021 WIB | Last Updated 2021-04-22T00:12:07Z


(Hana Nursyifa Fadhilah/ Mahasiswa Uhamka)

Serambiupdate.com Indonesia saat ini masih dilanda wabah virus Covid-19. Hampir seluruh wilayah Indonesia terkena dampaknya. Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru-baru ini ditemukan. Sebagian besar orang yang tertular Covid-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang. Virus yang menyebabkan Covid-19 terutama ditansmisikan melalui percikan air liur yang dihasilkan saat orang batuk, bersin, atau menghembuskan nafas. Anda dapat tertular saat menghirup udara yang mengandung virus jika Anda berada terlalu dekat dengan orang yang sudah terinfeksi Covid-19.

 

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar, salah satunya terhadap pendidikan. Dengan adanya pandemi Covid-19 pemerintah memberlakukan kebijakan pembelajaran secara daring (online) atau study from home demi mengurangi rantai penyebaran Covid-19.

 

Penerapan pembelajaran daring ini tentu menuntut kesiapan dari berbagai pihak, baik dari pihak sekolah, tenaga pendidik, dan peserta didik. Pembelajaran daring ini dapat dilaksanakan dengan menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System. Misalnya dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Meet, Zoom, Schoology, dan lain sebagainya.

 

Di tengah pandemi seperti sekarang ini dalam menggunakan pembelajaran daring tentu memberikan dampak bagi kita yang menjalankannya. Salah satu dampak positifnya adalah guru dan siswa dapat mempelajari teknologi baru dengan menggunakan aplikasi belajar, pelaksanaan pembelajaran juga menjadi lebih fleksibel sebab bisa dilakukan dimana saja. Namun pembelajaran daring juga memiliki dampak negatif. Seperti jaringan internet yang terkadang tidak lancar terutama daerah pelosok yang susah jangkauan.

 

Pembelajaran daring ditengah pandemi ini harus menuntut guru, siswa, dan seluruh pihak yang terlibat untuk bijaksana dalam menyikapi hal ini agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

=