Notification

×

Iklan

Iklan

UTBK saat Pandemi Covid-19

22 April 2021 | Kamis, April 22, 2021 WIB | Last Updated 2021-04-21T23:47:21Z


 Widya, Mahasiswa Uhamka

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau biasa disebut UTBK adalah tes masuk perguruan tinggi negri yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi negeri tentunya harus mengikuti ujian tersebut. Angkatan tahun 2021, menjadi tahun kedua ujian masuk perguruan tinggi nasional yang dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19.

Bedanya, pada tahun lalu pelajar kelas 12 masih bisa belajar secara tatap muka setidaknya setengah semester. Namun, dengan adanya Pandemi Covid-19 ini pelajar harus belajar full menggunakan metode online learning(daring). Dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting, google meet, whats app grup, google classroom dan aplikasi lain sebagainya yang dapat membantu proses pembelajaran jarak jauh ini.

Pembelajaran dengan metode online learning ini banyak menimbulkan berbagai macam tantangan. Misalnya seperti kendala jaringan, kurang efektif pembelajaran, dan sulit menerima materi yang disampaikan. Oleh karena itu, pelajar harus bisa menghadapi tantangan tersebut dengan mengikuti bimbel yang diadakan oleh pihak sekolah atau memanfaatkan platform belajar online gratis supaya bisa mendapatkan pemahaman materi yang lebih rinci lagi.

Menurut saya, walaupun diberlakukannya pembelajaran daring. Pihak sekolah atau tenaga pengajar tetap harus melakukan pembelajaran tatap muka minimal dua kali dalam seminggu yang bisa dilakukan secara bergantian. Pembelajaran tatap muka ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara langsung, motivasi, dan belajar bersama teman yang lain. Terutama untuk para siswa kelas 12 mereka banyak melaksanakan bermacam ujian, maka harus lebih diutamakan melakukan pembelajaran tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Mengingat persentase diterimanya siswa masuk perguruan tinggi itu sulit. Maka, peserta harus belajar semaksimal mungkin dari jauh-jauh hari, tetap menjaga kondisi kesehatan, dan  tak lupa untuk berdoa kepada sang pencipta supaya apa yang diinginkan tercapai.

=