Notification

×

Iklan

Iklan

FFS Uhamka Beri Edukasi Self Management Diabetes dan Hipertensi

Jumat, 12 Agustus 2022 | Jumat, Agustus 12, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-12T07:00:23Z


Serambiupdate.com Dosen Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) telah melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat bekerjasama dengan RS Islam Jakarta Sukapura pada bagian Poli Geriatri Pelayanan Rawat Jalan dalam pembinaan lansia di Muhammadiyah Senior Care (MSC), Rabu (27/7).


Kegiatan ini diketuai oleh apt. Ani Pahriyani dosen FFS Uhamka dengan anggota apt. Endang Sulistyaningsih serta apt. Mirawati Siregar sebagai tim Dosen FFS Uhamka dan diikuti oleh 40 peserta.


Acara dibuka oleh dr. Tresia Mahaputeri sebagai Direktur Utama Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura. Paparan dan diskusi tentang penyakit diabetes melitus disampaikan oleh Mirawati Siregar dan materi hipertensi disampaikan oleh Ani Pahriyani. Setelah paparan materi masing-masing pemapar melakukan diskusi dan disambut dengan antusias oleh para anggota MSC karena tema yang dibahas sangat berhubungan dengan kondisi para anggota maupun keluarganya. Disampaikan pula gejala mulai timbulnya penyakit, cara penanganan dan juga pencegahannya.


Ani Pahriyani mengungkapkan bahwa Penguatan self management ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang penyakit diabetes melitus dan hipertensi melalui penyampaian materi, permainan dan diskusi.


“Penyakit diabetes melitus dan hipertensi merupakan penyakit menahun yang perlu ditangani dengan tepat dan diketahui penyebabnya untuk dapat diantisipasi sebelum terjadi. Untuk itu kami menyelenggarakan kegiatan ini agar masyarakat dapat menyadari pentingnya penyakit ini” ujar Ani.
×
Berita Terbaru Update