Notification

×

Iklan

Iklan

Adakah Pengaruh Positif Gadget pada Hasil Belajar Siswa SD?

Minggu, 24 Juli 2022 | Minggu, Juli 24, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-24T01:09:01Z


Oleh : Nurul Saufa Octaviani 

Mahasiswi FKIP UHAMKA


Di era globalisasi ini, semua kalangan sudah tidak asing lagi dengan gadget mulai dariorang tua, remaja, sampai anak-anak. Gadget merupakan alat komunikasi yang sangatcanggihdanbisadigunakanuntukmengaksesinformasidarimanasaja.Gadgetberperan penting dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia untuk berkomunikasi,pendidikan, pengetahuan, memperluas wawasan, dan bisnis. Lingkungan siswa padasaat ini tidak terlepas dari gadget, maka dari itu penggunaan gadget yang semakintinggi dikarenakan gadget mempunyai fitur yang menarik. Gadget yang digunakanoleh siswa sekolah dasar adalah gadget jenis handphone, yang dimana sangat banyakmanfaatnya. Penggunaan gadget akan bergantungdan menjadi kegiatan yang harusdilakukandalam kehidupan sehari-hari.


Penggunaan gadget akan berdampak negatif bila pemakaiannya disalah gunakan olehpenggunanya atau hanya digunakan untuk bermain menghabiskan waktu yang sia-sia,dan dampak positif dari dari penggunaan gadget, yaitu proses belajar mengajar yangbervariasi dan tidak monoton. Contohnya, siswa memanfaatkan fasilitasyang adapada saat untuk mencari informasi yang ada di internet melalui gadget pada saat siswamengerjakantugas.


Penggunaan gadget merupakan aktivitas menggunakan sebuah perangkat elektronikuntukmemaksimalkanfungsinyadalammelakukankegiatandanpekerjaan.Penggunaan gadget saat ini bukan hanya digunakan untuk kebutuhan umum sebagaialat komunikasi, tetapi penggunaan saat ini menjadi beragam, seperti untuk mediahiburan,membantupekerjaan,alatuntukmencariinformasi,mediapenyelesaiantugas. Pengguna gadget sekarang ini bukan hanya kalangan orang dewasa, tetapi jugasiswa sekolah dasar sudah banyak yang mempunyai gadget secara pribadi. Hal iniyangmenjadipersoalan,siswatanpapendampinganorangtuaakanlebihleluasamenggunakan gadget tanpa mengenal waktu bahkan sampai mengorbankan waktubelajarnya. Siswa akan memilih bermain gadget dibandingan dengan belajar, sehinggamotivasibelajar anakakan menurun.


Kebiasaan belajar siswa berkaitan erat dengan besar kecilnya motivasi belajar dalamdiri siswa. Siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang baik, akan memiliki motivasibelajar yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan siswa tersebut akan selalu melakukankegiatan belajar secara terus menerus secara teratur sehingga tumbuh menjadi sebuahkebiasaan.

×
Berita Terbaru Update