Notification

×

Iklan

Iklan

Ketergantungan Remaja Terhadap Sosial Media

Selasa, 18 Januari 2022 | Selasa, Januari 18, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-18T00:31:03Z

Muhammad Rasya Hammami

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat



              Media sosial (sering disalahtuliskan sebagai sosial media) adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berkomunikasi, berbagi, dan menciptakan berbagai konten tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. 

Adapun teknologi yang memiliki perkembangan begitu pesat saat ini yaitu adanya teknologi komunikasi dari internet. Internet berdampak positif dan negatif terhadap kehidupan manusia. Selain itu, internet juga telah mengubah cara hidup manusia. Dampak positif dari internet yaitu dapat berbelanja dengan online, bisa berkomunikasi antar saudara, sahabat di belahan bumi manapun pada waktu yang diinginkan termasuk bisa berkomunikasi dengan orang yang belum pernah bertemu serta memperoleh informasi yang dibutuhkan. Selain dampak positif, internet juga memiliki dampak negatif. Ini berarti bahwa 20% pengguna Internet mungkin terlibat dalam satu atau lebih masalah, seperti pelupa, penghindaran orang lain, isolasi sosial, depresi, dan penurunan produktivitas karena masalah besar. Banyaknya jejaring sosial, masalah perkawinan, kecanduan seks, perjudian online, penolakan belajar karena ketidakmampuan mengontrol penggunaan internet. 

Kemudahan yang diberikan oleh media sosial membuat penggunanya  cemas dan ketagihan. Jejaring sosial diyakini sebagai satu-satunya cara orang bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan, seolah-olah tidak berdaya ketika mereka tidak memiliki jejaring sosial dalam hidup mereka. Remaja dengan jejaring sosial biasanya memposting informasi tentang aktivitas pribadi, cerita, dan foto yang mereka ambil bersama teman. Di media sosial, semua orang bebas berkomentar dan berbagi pendapat tanpa rasa khawatir. Ini karena sangat mudah untuk memalsukan identitas atau melakukan kejahatan di Internet, terutama di jejaring sosial. Di sisi lain, remaja tanpa media sosial umumnya dianggap ketinggalan zaman atau ketinggalan zaman dan kurang ekstrovert.

Jadi kita juga sebagai remaja harus bijak untukmenggunakan internet dan social media. Boleh menggunakan social media untuk kegiatan sehari hari, akan tetapi kita juga harus bisa membatasi waktu dan konsumsi media yang didapat. Jika kita tidak bisa membatasi diri kita akan sangata rentan untuk terpengaruhi dengan hal hal negatif yang ada di social media. Sebaiknya kita bisa bergaul diluar dengan teman, saudara, dan orang tua tidak hanya di social media. Sosialmedia kita juga harus di gunakan untuk hal hal yang positif, seperti menyalurkan kelebihan masing masing dan untuk mencari berita berita yang bermutu.

×
Berita Terbaru Update