Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan UHMAKA Melakukan Kegiatan PLP 1 di SMK Negeri 1 Air Gegas

08 Oktober 2021 | Jumat, Oktober 08, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-08T16:05:49Z

 


Serambiupdate.com Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dengan prodi Bimbingan konsling FIKIP UHAMKA telah melakukan PLP 1 ( Pengenalan Lapangan Persekolahan ) di salah satu sekolah Negeri yaitu SMK N 1 Air Gegas yang berada di Jalan Raya Ranggas RT 6 RW 9, Ranggas, Kec.Airgegas, Keb Bangka Belitung. Kami yang beranggotakan 3 orang yaitu Lala Kardova, Rosa Pratama Islami dan Susanti. Kegiatan ini dibimbingi oleh Bapak Dony Darma Sagita, M.Pd.

 

Kegiatan ini dilakukan secara lengsung dengan mendatangi sekolah yang kami tuju lalu melakukan sesi wawancara kepada Bapak Mukhtar Ariadi, M. Pd selaku kepala sekolah SMKN 1 Airgegas, Ibu Ria Agustina S.Pd  selaku guru Bahasa Indonesia di SMKN 1 Airgegas dan juga  Ibu Sri Wahyuningsih S. Pd.  Kegiatan PLP 1 ini dilakukan agar mehasiswa mampu meningkatkan jati diri sebagai calon pendidik serta mampu mengenali lingkungan sekolah beserta meningkatkan karakteristik persiapan untuk mengajar.

 

Dalam proses kegiatan wawancara Bapak Mukhtar Ariadi,M, Pd. Selaku kepala sekolah menuturkan akan Pendidikan karekter di sekolah bahwa “Ketika ada peserta didik yang melakukan pelanggaran tentang kehadiran tahap pertama kita akan memanggil wali kelasnya langsung dan berkomunikasi dengan baik, jika terulang lagi kita akan melakukan pembinaan dengan guru kelas dengan guru kelas dengan guru BK dan jika peserta didik tersebut masih mengulangi lagi tindakan teakhir kita akan memanggil orng tua wali murid untuk menghadap wakil kesiswaan, menanyakan ada permasalahan apa sehingga siswa bisa mengulang-ulang kesalahan tersebut agar kami pihak sekolah bisa menyelesaikan permasalahan siswa dengan baik” Ujarnya

 

Dalam situasi pandemic seperti ini, SMKN 1 Air gegas sejak awal pandemic sudah melakukan pembelajaran jarak jauh menggunakan zoom,gogle classroom dan google meet. Saat pembelajaran berlangsung ada beberapa kendala yang di alami peserta didik salah satunya kendala sinyal. Pada saat ini SMKN 1 Airgegas sudah melakukan pembelajaran luring dan daring  dengan memberi peraturan semua peserta didik sudah di vaksin dan ketika siswa datang ke sekolah diwajibkan memakai masker,mencuci tangan dengan sabun di tempat yang sudah disediakan oleh pihak sekolah, pada intinya setiap warga sekolah yang datang ke sekolah wajib mematuhi protocol kesehatan. Dengan pembelajaran Luring SMKN 1 Airgegas mewajibkan peserta didik untuk mengukuti extrakulikuler wajib yaitu rohis, Sebelum azan siswa ditugaskan oleh Pembina rohis untuk mengaji dan kegiatan-kegiatan lainnya yang juga dilaksanakan dengan baik.

 

Bapak Mukhtar Ariadi,M, Pd menambahkan bahwa “ Untuk ekstrakulikuler kita sangat banyak mulai dari akademik dan non akademik contohnya sepak bola, bolla volley, dan bulu tangkis, alat music,tari,rohis. Mereka juga kami arahkan Ekskul rohis untuk mendidik karakteristik peserta didik untuk melatih kedisplinan dan tanggung jawab. Siswa juga diawal pembelajaran di wajibkan untuk melakukan pengajian semala 10 atau 15 menit. dan sholat berjamaah.sholat Dhuha berjamaah di bimbing oleh guru rohis dan memberi kesemptan siswa untuk azan terlebih dahulu”  Tambahnya

 

Melalui kegiatan PLP 1 ini, tentunya mahasiswa UHAMKA dipersiapkan untuk menjadi calon mahasiswa UHAMKA dipersiapakan untuk menjadi calon pendidik yang berkualitas,berkompetensi,berpofesional serta berpengalaman untuk menghadapi dan mengatasi probematika yang terjadi disekolah khususnya pada masa pandemic Covid – 19 ini. Sesuai dengan tujuan dari PLP 1 yaitu untuk membentuk landasan jati diri pendidik, serta calon pendidik pun diharapkan siap untuk terjun langsung ke sekolah dan menjadi guru yang berprofesional serta mampu memperjuangkan kemajuan dunia Pendidikan.

 

 

=