Notification

×

Iklan

Iklan

Lemlitbang Uhamka Berikan Edukasi Penulisan Buku Hasil Riset Terhadap Dosen

29 Mei 2024 | Rabu, Mei 29, 2024 WIB | Last Updated 2024-05-29T12:36:18Z


Serambiupdate.com
 - Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LEMLITBANG) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Kiat Sukses Menulis Buku Referensi dan Monograf bersama dengan Penerbit Raja Grafindo Persada yang diselenggarakan di Aula Sekolah Pascasarjana (SPs) Uhamka, Selasa (28/5).

 

Kegiatan ini bertujuan agar dosen dapat menulis buku sesuai dengan sistematika yang baik dan benar sehingga dapat dirilis dan dipublikasi oleh penerbit manapun.

 

Kegiatan dihadiri oleh Prof. Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka, Dr. Supandi selaku Ketua Lemlitbang Uhamka, Khoerul Umam selaku Sekretaris Lemlitbang Uhamka dan dosen dari seluruh Fakultas yang ada di Uhamka.

 

Dalam sambutannya, Prof. Nani Solihati menyampaikan apresiasinya kepada tim Lemlitbang Uhamka dan Penerbit Raja Grafindo yang telah memberikan bimbingan dan penguatan bagi para dosen dalam penyusunan karya ilmiah dalam hal ini membantu dosen-dosen Uhamka untuk dapat menerbitkan karyanya berupa buku yang akan di ISBN-kan sesuai dengan sistematika penulisan sehingga hasil publikasi buku tersebut dapat bermanfaat bagi semua orang khususnya mahasiswa di lain hal dapat bermanfaat bagi dosen tersebut sebagai penulis.

 

Selanjutnya, Prof Nani mengungkapkan bahwa “Kegiatan menulis serta menyebarkan ilmu pengetahuaan diantaranya melalui Buku adalah bagian dari Ibadah kepada Allah Swt. sebagai amalan yang tidak pernah putus selain dari memiliki anak yang soleh dan sedekah jariyah. Maka dari itu, mari bapak Ibu Dosen untuk terus bersemangat dalam menulis buku dengan niatan semata-mata karena Allah swt sebagai bentuk ibadah,” tuturnya.

 

Di lain pihak, Dr. Supandi selaku ketua Lemlitbang Uhamka menyampaikan harapannya melalui kegiatan ini sebagai sarana bagi para dosen Uhamka dalam menerbitkan risetnya dalam bentuk buku sebagai referensi yang bermanfaat bagi Masyarakat.

 

“Buku-buku hasil riset Uhamka semoga nanti bisa jadi referensi serta peningkatan dalam kompentensi dosen dalam memberikan manfaat untuk pengembangan ilmu di Masyarakat,” ujar Dr. Supandi.

 

Selain itu, Khoerul Umam selaku Sekretaris LEMLITBANG Uhamka menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai sarana bagi para dosen dalam menerbitkan hasil riset ilmiahnya menjadi bentuk buku terbitan nantinya.

 

“Kegiatan ini sebagai sarana peningkatan karya riset ilmiah dosen dalam bentuk buku referensi yang layak sehingga nanti akan diterbitkan dan dipublikasi oleh Raja Grafindo Persada,” pungkas Khoerul Umam.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber yang berasal dari Penerbit Raja Grafindo Persada mengenai tips bagi para dosen untuk Menyusun hasil risetnya menjadi sebuah buku agar bisa diterbitkan oleh penerbit.

=