Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FFS Uhamka Laksanakan PKM, Warga Malaka Sari Antusias Mendapatkan Edukasi Melilih Takjil Sehat dan Aman

05 April 2024 | Jumat, April 05, 2024 WIB | Last Updated 2024-04-11T02:25:10Z

Serambiupdate.com Dosen Fakultas Farmasi dan Sains (FFS), Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) sebagai tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) turut melaksanakan edukasi Tips Memilih Takjil Sehat dan Aman pada warga RT 06 RW 05 Malaka Sari Jakarta Timur pada Sabtu (23/30) hal ini yang selalu diiringi dengan penjualan takjil dengan menjamur di masyarakat.

 

Tim PKM yang dilaksanakan oleh Dosen FFS Uhamka ini serta diketuai oleh Ni Putu Ermi Hikmawanti beserta anggotanya yaitu tuti Wiyati dan Rizky Arcinthya Rachmania, serta didampingi oleh pengurus RT 06 yaitu Rachmah dan Karmila selaku pengurus DAWIS.

 

Edukasi ini diberikan kepada setiap warga dari rumah ke rumah mengenai hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih takjil selama bulan Ramadan, antara lain:

1. Memperhatikan kebersihan lokasi paangan dijual

2. Memperhatikan kebersihan alat makan dan makanan yang disajikan (makanan tertutup dengan baik dengan alat makan yang bersih)

3. Memperhatikan cara penjaja menyajikan pangan (makanan diambil dengan alat bantu makan)

4. Memperhatikan warna pangan (sebaiknya pilih pangan yang warnanya tidak terlalu mencolok)

5. Memperhatikan suhu penyimpanan pangan (makanan dingin disimpan tetap dingin, makanan panas disimpan tetap panas)

6. Memperhatikan kemasan pangan (tidak menggunakan kertas/koran beas, tidak bocor, tidak menggunakan plastik hitam, dan sebagainya)

 

Dalam kegiatan ini, ada sekitar 26 rumah warga di RT 06 yang didatangi oleh tim PKM dengan memberikan edukasi yang bersumber dari informasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

 

Ni Putu Ermi Hikmawanti selaku Dosen FFS Uhamka sekaligus ketua PKM ini menuturkan bahwa, “Penting mengedukasi warga tentang memilih takjil yang sehat dan aman. Dampaknya terhadap kesehatan masyarakat selama bulan Ramadan. Jadi bisa membantu kebugaran dan kelancaran ibadah puasa warga ya,” ucap Ermi.

 

Di lain pihak, Warga merasa antusias terhadap kegiatan ini, karena sangat berdampak besar akan manfaatnya. “Alhamdulillah seneng didatangin (ke rumah) untuk diberikan informasi seperti ini. Supaya gak asal jajan. Semoga berkah ya”, ujar Tri dari warga RT 06.

=