Notification

×

Iklan

Iklan

Tim PKM Dosen Bahasa Indonesia SPs Uhamka Lakukan Pembinaan Pengelolaan Sampah di , Masjid At-Taqwa Sunter Muara

Selasa, 06 Februari 2024 | 2/06/2024 09:52:00 AM WIB | Last Updated 2024-02-06T02:52:09Z


Serambiupdate.com 
- Tim dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR HAMKA (Uhamka) melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yaitu Pelatihan Pengolahan Sampah sebagi Wujud P5 pada Remaja Binaan Masjid At-Taqwa RW 05 di Kelurahan Sunter Muara, Sabtu- Minggu (19-20/8).

 

Kegiatan ini diketuai oleh Prof Prima Gusti Yanti dan Deasy Wahyu Hidayati sebagai anggota. Selain itu, kegiatan ini turut dihadiri oleh Ruskendi selaku narasumber, Ade Kurniawan selaku Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), dan 16 peserta.

 

Prof Prima Gusti Yanti selaku Ketua menjelaskan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan perwujudan pelajar Indonesiasebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kretif, yang dibangun memlalui budaya sekolah, pembelajaran inrakulikuler, proyek penguatan (kokulikuler) dan ekstra kurikuler. Sebagai perwujudan terbentuknya pelajar pancasila, kita dapat mengembangkan satu tema yaitu gaya hiudp berkelanjutan dengan topik utama berupa pengelolaan sampah. Dan  wilayah yang terpilih untuk menjadi binaan dalam pengelolaan sampah yaitu RW 05 Kelurahan Sunter Muara.

 

“Tim PKM kami memberikan pemaparan materi tentang pengelolaan sampah dan langkah yang perlu diperhatikan. Kemudian kami berikan pelatihan dan praktik pengelolaan sampah organik dan non organik. Selain itu, kami juga memberikan bahanmateri terkait penulisan teks prosedur kepada siswa,” tutur Prof Prima.

=