Notification

×

Iklan

Iklan

Profesionalitas dalam Pendidikan, PPG FKIP Uhamka Adakan Yudisium Kelulusan Mahasiswa PPG Jabatan Angkatan II

Sabtu, 10 Februari 2024 | 2/10/2024 10:08:00 PM WIB | Last Updated 2024-02-10T15:08:51Z


Serambiupdate.com
 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan Yudisium bagi para mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Angkatan II UKM Periode VI di Aula Ahmad Dahlan, Lantai 6, Gedung A FKIP Uhamka, Sabtu (10/2).

 

 

Kegiatan dihadiri oleh Neneng Heriyanti selaku Koordinator Kelompok Kerja PPG dalam Jabatan, Indra Ariesto selaku Kepala Seksi Pendidik Tenaga Kependidikan, Prof Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka, Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka, Ika Yatri selaku Wakil Dekan I FKIP Uhamka, Syamsul Maarif selaku Wakil Dekan II, Harinaredi selaku Wakil Dekan III FKIP Uhamka, Amirullah selaku Wakil Dekan IV FKIP Uhamka, Khairil Iba selaku Ketua Koordinator PPG FKIP Uhamka, Chandrawaty selaku Wakil Ketua Koordinator PPG, Kusmajid selaku Sekretaris PPG dan para Kepala Program Studi, Sekretaris Program Studi serta Mahasiswa lulusan PPG FKIP Uhamka.

 

 

Prof Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka mewakili Rektor Uhamka, mengucapkan selamat kepada para lulusan PPG FKIP Uhamka Angkatan II UKM Periode VI dan mengingatkan bahwa kelulusan hari ini merupakan awalan baru dalam meningkatkan kualitas guru profesional melalui implementasi ilmu yang telah didapat selama mengikuti pendidikan PPG kepada para murid selama proses belajar mengajar nanti.

 

 

"Selamat para mahasiswa yang telah berjuang dalam menyelesaikan pendidikan PPG sehingga bisa di yudisium pada hari ini. Ini bukanlah sebuah akhir, namun sebuah awalan baru dalam terus meningkatkan kualitas sebagai guru profesional dengan mengamalkan seluruh ilmu yang didapat selama PPG kepada para murid selama proses belajar mengajar di kelas," ucap Prof Nani.

 

 

Selain itu, Indra Ariesto selaku Kepala Seksi Pendidik Tenaga Kependidikan DKI Jakarta mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi atas kelulusan para Mahasiswa PPG yang telah dikukuhkan menjadi guru profesional. Ia berharap kepada para lulusan untuk selalu berinovasi melalui bekal yang sudah didapat selama program PPG FKIP Uhamka dalam menjawab tantangan zaman dan kemajuan teknologi di bidang pendidikan.

 

 

"Saya sangat mengapresiasi para Mahasiswa PPG yang telah dikukuhkan menjadi guru professional. Semoga kedepannya dapat terus berkembangan dan kreatif dalam menjawab tantangan di dunia pendidikan dari kemajuan teknologi yang sangat pesat. Uhamka telah mencetak guru yang siap untuk menjawab perkembangan zaman di Indonesia dalam berinovasi dan menjadi pelopor dalam pembangunan di masyarakat dengan berkarya secara profesional," ucap Indra.

 

 

Selanjutnya, Neneng Heryanti selaku Koordinator Kelompok Kerja PPG dalam Jabatan mewakili Direktur PPG Kemendikbudristek juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Uhamka karena sudah bersedia melatih dan mendidik guru-guru yang merupakan Mahasiswa PPG sehingga berhasil lulus dan dikukuhkan menjadi guru profesional dalam meningkatkan kompetensi pembelajaran.

 

 

"Semua kerja keras kita telah terbayarkan dengan dikukuhkan sebagai lulusan PPG FKIP Uhamka. Terima kasih kepada Rektor, para Wakil Rektor dan pihak PPG FKIP Uhamka karena telah mengizinkan para mahasiswa untuk bisa menempuh pendidikan PPG di Uhamka. Uhamka salah satu pioner dalam penyelenggara PPG dari 61 universitas yang ada di Indonesia dan merupakan senior. Bagi para lulusan, kompetensi juga harus meningkat, tidak hanya dalam pangkat jabatan saja, tetapi dalam meningkatkan potensi lainnya untuk menjawab tantangan kemajuan teknologi yang berdampak kepada generasi muda yang modern," tutur Neneng.

 

 

Kemudian, Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka juga menyampaikan harapannya kepada PPG FKIP Uhamka kedepannya untuk terus meningkatkan dan memperkuat kurikulum dalam mendukung kemajuan kualitas pembelajaran dan pengajaran para guru agar menjadi lebih profesional kedepannya.

 

 

"FKIP Uhamka selalu mendukung kemajuan PPG FKIP Uhamka dan berharap untuk kedepannya dapat mencetak guru-guru profesional baru dalam memperkuat kurikulum pembelajaran untuk mendukung suksesnya kegiatan belajar mengajar di sekolah melalui guru-guru lulusan PPG yang kompeten," tutur Purnama.

 

 

Selain itu, Khairil Iba selaku Koordinator PPG FKIP Uhamka dalam laporannya menyampaikan sebanyak 523 guru yang telah dikukuhkan menjadi guru profesional dan lulus dari PPG FKIP Uhamka yang sebagian besar dari pulau Jawa.

 

 

"Dalam Yudisium PPG Angkatan II UKM Periode VI, PPG FKIP Uhamka berhasil meluluskan sebanyak 523 mahasiswa PPG dalam Jabatan yang telah dikukuhkan menjadi guru profesional. Sebagian besar mahasiswa berasal dari Pulau Jawa terutama dari Jakarta, Tangerang dan Banten. Seiring perkembangan teknologi, PPG FKIP Uhamka sekarang sudah bisa menyediakan pembelajaran secara daring bagi para mahasiswa PPG yang merupakan guru sekolah dalam mengikuti kegiatan PPG meskipun sedang mengajar di kelas," tutur Khairil Iba.

 

 

Disisi lain, Sutikno selaku lulusan PPG FKIP Uhamka yang berasal dari Pendidikan Guru Penggerak (PGP) SD Negeri Gembol Bogorejo Jawa Tengah menyampaikan kesannya selama mengikuti kegiatan PPG FKIP Uhamka yang sangat suportif dalam mendidik para guru menjadi lebih profesional. Ia juga berharap Uhamka dapat menjadi perguruan tinggi penggerak dan pelopor suksesnya kegiatan PPG.

 

 

"Selama kegatan PPG berlangsung, Uhamka sangat mendukung suksesnya pendidikan dan pengajar kepada para mahasiswa yang berasal dari para guru, terutama guru penggerak.  Melalui pembekalan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat dan kesabaran para dosen selama melatih guru sehingga menjadi lulusan guru-guru PPG yang profesional seperti sekarang. Saya berharap kedepannya Uhamka dapat terus menjadi perguruan tinggi pelopor suksesnya penyelenggaraan PPG dalam melatih kompetensi pengetahuan dan kemampua para guru," pungkas Sukitno.

=