Notification

×

Iklan

Iklan

Berikan Pemahaman dan Penyusunan Soal Ujian HOTS, Tim Pengabdian Masyarakat SPs Uhamka Bantu Guru Bentuk Siswa Kreatif

Minggu, 04 Februari 2024 | 2/04/2024 04:45:00 PM WIB | Last Updated 2024-02-04T11:56:33Z

 


Serambiupdate.com - Sekolah Pascasarjana (SPs) UniversitasMuhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) Program Studi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) mengadakan kegiatan pengabdian Masyarakat Training Pedagogik Guru tentang Penulisan Butir Soal HOTS sesuai AKM di Sekolah Madina Islamic School Tebet, Sabtu. (3/1)

 

Soal Ujian High Order Thinking Skill (HOTS) berdasarkan AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) merupakan soal ujian yang didesain menggunakan stimulus dengan konteks yang beragam seperti elaborasi tabel, grafik, ilustrasi yang kontekstual dan informatif. Selain itu juga mengandung unsur literasi dan numerasi. Bentuk Soal yang disusun terdiri dari tes obyektif berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, dan tes uraian/essay.

 

Kegiatan pengabdian dihadiri oleh Prof. Abdul Rahman A. Ghani selaku ketua tim Pengabdian Masyarakat SPs Uhamka dan anggota pengabdian Masyarakat yang mencakup Susanti Murwitaningsih, Sigit Muryono, Mimi Kurniati dari kalangan dosen dan alumni S2 PEP dan 2 anggota lain yang berasal dari Mahasiswa FKIP Uhamka, juga dihadiri dari pihak Madina Islamic School yang mencakup Arif Firmansyah selaku Direktur Madina Islamic School, Rangga Ahmad Kedaton selaku Primary Principal Madina Islamic School, Fajar Arini Virgiyanti selaku Secondary Principal Madina Islamic School, dan 40 orang Guru Madina Islamic School.

 

Prof. Abdul Rahman A. Ghani selaku ketua tim menyampaikan pentingnya pemahaman akan soal berbasis HOTS yang berdasarkan AKM dalam mengukur kemampuan berfikir siswa yang kreatif selama mengerjakan soal tersebut dan melatih siswa untuk selalu berfikir kritis.

 

“Penyusunan Soal Ujian HOTS berdasarkan AKM penting dipahami dengan baik oleh para guru karena melalui soal HOTS, para guru dapat melatih siswa untuk berfikir kritis melalui soal-soal yang akan mememrlukan kemampuan berfikir kreatif dalam menjawabnya,” ucap Prof. Ghani.

 

Selain itu, Arif Firmansyah selaku Direktur Sekolah Madina Islamic School juga menyampaikan apresiasinya terhadap SPs Uhamka yang telah bersedia memberikan pelatihan penyusunan soal HOTS berdasarkan AKM yang masih banyak belum dikuasai para guru.

 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada SPs Uhamka untuk ketersediaannya dalam membina para guru Madina Islamic School dalam Menyusun soal HOTS yang mesih banyak belum difahami dan dikuasai oleh para guru dalam kriteria pembuatan dan penulisannya. Saya berharap kegiatan ini dapat berlanjut dalam menganalisa kualitas setiap butir soal ujian sekolah,” pungkas Arif.


Kegiatan Pengabdian Masyarakat SPs Uhamka merupakan komitmen Uhamka dalam mewujudkan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisiyah (PTMA) yaitu memberikan kontribusi dan memberdayakan masyarakat menjadi lebih baik.

 

=