Notification

×

Iklan

Iklan

Digitalisasi Assesment Siswa, Uhamka Kembangkan Soal Ujian Berbasis Komputer

Kamis, 07 Desember 2023 | 12/07/2023 10:48:00 AM WIB | Last Updated 2023-12-07T03:50:26Z

 


Serambiupdate.com
- Dalam rangka mendukung persiapan calon mahasiswa baru, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) merilis program Tryout UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) khusus untuk siswa SMA kelas 3, kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang I FEB Uhamka, Rabu (6/12).

 

Agenda ini dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro Rektor Uhamka, Muhammad Dwifajri Warek IV Uhamka, Endy Sjaiful Alim Kepala Badan Pengembangan Teknologi Informasi (BPTI) Uhamka, Lukman Hidayat Kepala Biro Promosi dan Admisi (BPA) Uhamka, Emaridial Ulza Sekretaris Uhamka, dan Stakeholder Uhamka.

 

Program Tryout UTBK ini merupakan inisiatif Uhamka dalam membantu calon mahasiswa dalam menghadapi ujian seleksi masuk perguruan tinggi. Program ini dirancang oleh tim Biro Promosi dan Admisi Uhamka, Badan Pengembangan Teknologi Informasi Uhamka dan Tim Pembuat Soal UTBK Uhamka yang diimplementasikan secara daring.

 

Dalam peluncuran program ini, Prof Gunawan Suryoputro Rektor Uhamka menyampaikan bahwa program Tryout UTBK ini tidak hanya bertujuan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa, tetapi juga sebagai bentuk dukungan Uhamka dalam mempersiapkan generasi muda untuk meraih kesuksesan di dunia pendidikan tinggi. Ia harap program ini dapat memberikan manfaat besar bagi calon mahasiswa dan membantu mereka meraih kesuksesan di ujian seleksi masuk perguruan tinggi.

"Kami berharap, melalui program Tryout UTBK ini, calon mahasiswa dapat lebih siap dan percaya diri menghadapi ujian seleksi masuk perguruan tinggi. Dengan dukungan teknologi informasi, kami berusaha memberikan pengalaman tryout yang efektif dan relevan dengan kondisi ujian yang sebenarnya," ujar Prof Gunawan.

 

Di lain hal, Muhammad Dwifajri Warek IV Uhamka menyampaikan bahwa soal tryout Uhamka telah disusun oleh guru di sekolah SMA/SLTA/Sederajat yang telah tersertifikasi di bidangnya, sehingga validitasnya dapat dipastikan.

 

“Pembuat isi soal ini adalah para guru di sekolah SMA sederajat yang memang expert di bidangnya. Maka secara umum validitas soal-soal ini memang sudah bisa dipastikan. Namun perlu ada komunikasi lebih lanjut kepada para penyusun terkait pernyataan tertulis bahwa soal yang telah disusun bukan copy paste,” tuturnya.

 

Program ini mencakup berbagai mata pelajaran yang diujikan dalam UTBK, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris. Siswa peserta dapat mengakses tryout melalui platform yang dapat diakses dari berbagai perangkat.

 

Para siswa SMA kelas 3 yang tertarik untuk mengikuti program Tryout UTBK ini dapat mendaftar melalui situs resmi di tautan tryout.uhamka.ac.id. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 06 Desember 2023. Selain itu, Uhamka juga menyediakan informasi lengkap terkait prosedur pendaftaran dan jalur masuk di Uhamka di tautan pmb.uhamka.ac.id.

=