Notification

×

Iklan

Iklan

Komisi IV DPRD Kaltim Menanggapi Permasalahan Pendidikan Yang Belum Merata

Selasa, 28 November 2023 | 11/28/2023 11:43:00 AM WIB | Last Updated 2023-11-28T04:43:33Z


 Serambiupdate.com - Komisi IV DPRD Kaltim menanggapi permasalahan Pendidikan yang berada dalam kondisi memprihatinkan terutama wilayah pedalaman Kalimantan Timur (Kaltim).

Salehuddin selaku Anggota Komisi IV DPRD Kaltim berpendapat bahwa terdapat perbedaan kondisi Pendidikan antara wilayah pedalaman dengan perkotaan. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya jumlah guru atau tenaga pendidik, fasilitas penunjang Pendidikan yang minim dan akses peserta didik terhadap kurikulum merdeka yang terbatas.

Salehuddin berpendapat terdapat perbedaan yang mencolok seperti fasilitas penunjang Pendidikan di wilayah perkotaan yang dinilai lebih maju dan memenuhi standar sesuai Kurikulum Merdeka dibandingkan dengan wilayah pedalaman. Hal ini disebabkan oleh akses perjalanan yang menempuh jarak kiloan meter.

 

“Untuk wilayah perkotaan, jarak tempuh Pendidikan tidak masalah karena pembangunan infrastruktur yang sudah bagus dan merata. Sedangkan di desa, jalan masih belum bagus dan diaspal, juga ada beberapa yang belum memiliki jembatan untuk menyebrang Sungai sehingga jaraknya jadi jauh,” ucap Salehuddin.

 

Selain itu, Salehuddin juga menambahkan bahwa Situasi ini menjadi permasalahan yang membuat prihatin terutama daerah pedalaman di Kaltim, sebab Pendidikan yang saat ini sudah menggunakan Kurikulum Merdeka tidak bisa diimplementasikan karena minimnya fasilitas penunjang pendidikan.

 

“Perlu kesejahteraan bagi guru dan tenaga pendidik. Bahkan sampai saat ini masih belum merata terutama mereka yang di wilayah pedalaman” ungkap Salehuddin.

 

Menanggapi hal tersebut, Komisi IV DPRD Kaltim akan menekan APBD Kaltim, terutama anggaran Pendidikan pada tahun 2023 terhitung sebesar Rp3,5 triliuin dan akan terus meningkat menjadi Rp4 triliun pada tahun 2024.

 

Salehuddin meminta kepada semua pihak untuk bekerja sama dalam menjamin masa depan yang cerah bagi anak-anak Kaltim terutama bidang Pendidikan.

 

“Untuk menciptakan Pendidikan yang maju dan merata diseluruh wilayah Indonesia, perlu ada koordinasi dan Kerjasama kuat antar pihak pemerintahan terutama di daerah Kalimantan Timur,” pungkasnya.

 

Rizaki Perdiance/GJF

=