Notification

×

Iklan

Iklan

Edukasi Eco Enzyme di SMPN 275 Jakarta Guna Membangun Kesadaran Ekologis Generasi Muda

Selasa, 28 November 2023 | 11/28/2023 11:46:00 AM WIB | Last Updated 2023-12-06T04:49:30Z

 



Serambiupdate.com 
Upaya nyata untuk mempromosikan kesadaran lingkungan di kalangan pendidikan, sekolah SMPN 275 Jakarta Timur baru-baru ini berhasil mengadakan panen eco enzyme sebagai bagian dari inisiatif mereka untuk menjaga keberlanjutan lingkungan.

 

Kegiatan panen ini melibatkan siswa-siswi dari berbagai tingkatan dan staf pengajar yang antusias dalam menghasilkan produk ramah lingkungan ini.

 

Hadi selaku guru pembimbing Komunitas Karya Ilmiah Remaja menuturkan dengan melibatkan siswa maka mereka akan mendapatkan pembelajaran terkait praktik ramah lingkungan.

 

"Kami ingin melibatkan siswa dalam kegiatan nyata yang memperkenalkan mereka pada praktik-praktik ramah lingkungan. Ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan kesadaran akan peran kita dalam menjaga bumi," kata Hadi.

 

Eco enzyme sendiri adalah cairan ramah lingkungan yang dibuat dari bahan-bahan organik seperti sisa-sisa buah, sayur, dan gula. Proses pembuatannya yang sederhana dan efektif menjadikannya solusi yang ramah lingkungan untuk berbagai keperluan rumah tangga maupun pertanian.

 

Kepala Sekolah, Nurjanah, juga menyoroti pentingnya penggunaan eco enzyme. Eco enzyme adalah salah satu contoh praktik sederhana yang dapat mereka terapkan di kehidupan sehari-hari

 

"Kami tidak hanya ingin siswa belajar secara teoritis tentang lingkungan, tetapi juga ingin mereka terlibat dalam praktik nyata untuk melindungi lingkungan,"tutur Nurjanah.

 

Siswa-siswi yang terlibat dalam kegiatan ini juga memberikan tanggapannya. Ia sangat senang karena mempelajari eco enzyme.

 

"Saya senang bisa belajar membuat eco enzyme. Saya akan menggunakan ini di rumah untuk membersihkan dan membantu lingkungan."

 

Panen eco enzyme di sekolah ini tidak hanya memberikan wawasan praktis kepada siswa, tetapi juga menunjukkan betapa pentingnya kontribusi sekolah dalam mendidik generasi masa depan tentang tanggung jawab mereka terhadap lingkungan.

 

Kegiatan ini diharapkan akan menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk mengadopsi praktik serupa, menggalakkan upaya bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

 

Sebagai bagian dari upaya yang lebih besar, sekolah SMPN 275 Jakarta berkomitmen untuk terus mendorong dan melibatkan siswa dalam inisiatif lingkungan yang bermanfaat bagi bumi kita.

 

 

Adelia maleha/adp

=