Notification

×

Iklan

Iklan

Kenali Tanda-Tanda Bullying di Sekolah, Kenali Pelaku dan Korban

Rabu, 15 November 2023 | 11/15/2023 07:38:00 AM WIB | Last Updated 2023-11-28T00:41:25Z

 


Serambiupdate.com
Perundungan atau bullying merupakan perilaku penindasan yang berlangsung di lingkungan sekolah, menyasar individu yang dianggap lebih lemah oleh orang yang merasa lebih kuat. Mengetahui ciri-ciri bullying di lingkungan sekolah menjadi krusial dalam menangani kasus ini.

 

Sekilas Tentang Bullying di Sekolah

Menurut Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), bullying merupakan penindasan yang dilakukan dengan sengaja untuk menyakiti individu lain. Hal ini dapat berupa kekerasan fisik, ancaman, atau intimidasi, dan sering kali dilakukan oleh kelompok atau individu tertentu di sekolah.

 

Ciri Pelaku Bullying di Sekolah

Pelaku bullying di sekolah dapat dikenali dari beberapa ciri, termasuk memiliki kekuasaan sosial yang tinggi, populer di lingkungan sekolah, bersikap kasar atau agresif, dan kurang memiliki empati terhadap orang lain. Gerak-geriknya seringkali mendominasi siswa lain dan bersifat kurang empatik.

 

Ciri Korban Bullying di Sekolah

Di samping ciri pelaku, korban bullying juga memiliki tanda-tanda yang dapat dikenali, seperti perilaku yang murung atau mengurung diri, menghindari pertemuan dengan teman-teman, luka fisik tanpa penjelasan yang jelas, dan mengalami gangguan emosional serta sosial seperti kecemasan, kesedihan, dan penurunan rasa percaya diri.

 

Mengetahui dan memahami ciri-ciri baik dari pelaku maupun korban bullying di sekolah penting untuk mengidentifikasi dan menangani permasalahan ini sejak dini. Semoga dengan pemahaman akan tanda-tanda ini, kasus bullying di sekolah dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Sekar pratiwi/adp

=