Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia, PPG Prajabatan Gelombang 3 Kembali Dibuka Hingga 12 November 2023

30 Oktober 2023 | Senin, Oktober 30, 2023 WIB | Last Updated 2023-10-30T05:10:34Z

 


Serambiupdate.com
- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) membuka pendaftaran program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 3 tahun 2023.

 

Pendaftaran dibuka sejak tanggal 25 Oktober sampai 12 November 2023.

 

Adhika Ganendra selaku Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pendidikan Profesi Guru mengatakan, PPG Prajabatan bertujuan untuk menciptakan keseimbangan antara kebutuhan dan pemenuhan guru secara kuantitas dan kualitas, sehingga pelayanan pendidikan dapat berjalan baik dan bisa mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

 

"Angka kekosongan guru tahun 2023 masih sangat banyak, tercatat masih sekitar 54 ribu kekosongan formasi yang telah dibuka oleh pemerintah daerah pada rekrutmen ASN P3K Tahun 2023, ditambah lagi dengan adanya angka pensiun 2024 sebanyak 69.735. Sehingga kami membuka pendaftaran program PPG Prajabatan Gelombang 3 tahun 2023," ujar Andika.

 

Ia mengungkapkan, pada pendaftaran gelombang ketiga ini, Kemendikbud Ristek memperluas linieritas pada prodi PPG Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Hal itu dikarenakan terdapat kekosongan guru sebesar 12% pada jenjang sekolah dasar.

 

"Hal ini diputuskan karena mempertimbangkan kekosongan guru terbesar (12%) terjadi pada jenjang sekolah dasar (SD)," tutur Adhika.

 

PPG Prajabatan merupakan sebuah program pendidikan profesi yang ditujukan untuk generasi baru guru Indonesia yang ingin menjadi guru profesional dan berkomitmen untuk menjadi teladan. Program ini bertujuan untuk memberikan sertifikat pendidik kepada calon guru yang memiliki gelar sarjana, sarjana terapan, atau D4, baik dari jurusan pendidikan maupun non-kependidikan.

 

Bidang studi PPG Prajabatan Gelombang 3 Tahun 2023 telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan guru. Bidang studi tersebut meliputi Matematika, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, PGSD, Bahasa Indonesia, Sejarah, Seni Budaya, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Luar Biasa, dan Informatika.

 

Adapun proses seleksi PPG Prajabatan terdiri dari tiga tahap, yaitu:

1. Seleksi Administrasi berupa seleksi berkas dan persyaratan administrasi yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB).

2. Tes Substantif yang meliputi Tes Penguasaan Bidang dan Tes Kemampuan Dasar Literasi serta Numerasi yang dilaksanakan secara luring di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditunjuk. Teknis pelaksanaan tes menggunakan aplikasi Computer Assisted Test untuk Penilaian Tingkat Nasional Berbasis Komputer (CAT ANBK).

3. Tes Wawancara untuk menggali kompetensi profesional dan personal calon mahasiswa, yang dilaksanakan secara daring lewat virtual meeting.

 

Nantinya calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan sebagai mahasiswa PPG Prajabatan tahun 2023 akan memperoleh biaya pendidikan sebesar Rp 17 juta untuk mengikuti perkuliahan selama dua semester atau satu tahun.

 

Adhika mengungkapkan, Kemendikbud Ristek akan terus mendukung penyediaan guru untuk memenuhi kebutuhan guru di setiap satuan pendidikan melalui program PPG Prajabatan

 

"Kami terus berjuang agar anak-anak Indonesia mendapatkan guru-guru terbaik," tuturnya.

 

(Alifia Angel/adp)

=