Notification

×

Iklan

Iklan

Lulusan ITB Nyoman Anjani dapat Beasiswa LPDP ke MIT

17 Oktober 2023 | Selasa, Oktober 17, 2023 WIB | Last Updated 2023-10-18T08:20:50Z

Serambiupdate.com Nyoman Anjani seorang wanita lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang mendapatkan beasiswa  Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang merupakan kampus terbaik di dunia. Ia sangat percaya bahwa usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Hal itu terlihat dari karier dan pendidikannya yang menjadi lulusan ITB berkat usaha dan kerja kerasnya ia mendapatkan beasiswa LPDP ke kampus terbaik dunia yaitu Massachusetts Institute of Technology (MIT), dan kini menjadi seorang entrepreneur


Wanita yang dikenal sebagai Nyoman merupakan kelahiran Bandung yang memiliki keturunan dari Bali. Sejak kecil, Nyoman selalu diajarkan dan dibekali oleh ayahnya yang merupakan seorang pensiunan yakni Profesor teknik mesin di ITB.


"Jika ingin Indonesia maju, industrinya juga harus maju,” ungkap ayahnya membuat Nyoman tertakesan dan tertarik untuk masuk ke dunia teknik. Lalu, pada akhirnya ia masuk ke ITB dengan Jurusan Teknik Mesin.


"Jadi, daripada saya terlalu spesifik, saya ambil saja teknik yang bisa masuk ke industri manapun. Lalu, akhirnya saya mengikuti SNMPTN, dan akhirnya saya keterima di ITB," ujar Nyoman dikutip dari laman Kemenkeu, Senin (16/10).


Meskipun jurusan ini didominasi oleh laki-laki, tetapi kehidupan studi Nyoman tak surut dari prestasi - prestasi yang telah ia lakukan. Bahkan, Nyoman pernah menjadi Ketua Kabinet Keluarga Mahasiswa (K3M) ITB 2013/2014.


Bekerja Sambil Mendaftar LPDP

Setelah mendapatkan gelar S1 pada tahun 2014,  Nyoman pada saat itu memilih untuk bekerja di sebuah perusahaan ternama di Indonesia. Ia bekerja selama kurang lebih 5 tahun dengan posisi yang berbeda-beda, mulai dari manufacturing sampai di bagian supply chain.


"Saat saya bekerja pada tahun ketiga, saya sudah mulai merasakan dan memikirkan tentang kedepannya. Sepertinya saya butuh S2 nih untuk bisa meningkatkan kemampuan saya dan juga meningkatkan karier saya. Saya berpikir kalau S2 harus sekalian dapat sekolah terbaik di dunia. Saya mulai untuk mencari-cari dan memutuskan untuk ke Amerika," kata wanita kelahiran 1990 ini.


Niat Nyoman membawanya pada kondisi bahwa ia harus mempersiapkan pendaftaran LPDP yang tak sedikit, sambil melakukan pekerjaan yang ia lakukan. Ia meluangkan waktu kosong setelah pulang kerja di malam hari dan subuh sebelum kerja untuk belajar dan persiapan.


Pada tahun 2018, ia gagal karena skor bahasa Inggris yang belum mencukupi. Meski begitu, ia tetap berusaha dan bekerja keras. Ia sama sekali tidak putus asa. Akhirnya, pada tahun berikutnya Nyoman mencoba kembali mendaftar dan berhasil mendapatkan beasiswa, seperti impiannya. Nyoman diterima di kampus MIT yang merupakan salah satu sekolah terbaik di dunia. Ia mengambil jurusan Master of Science in Engineering and Management.


Merasakan Culture Shock di Kampus Nomor Satu Dunia

Pada awal studinya, Nyoman mengatakan bahwa ia pernah menjalani adaptasi dengan cukup berat. Selain itu, ia juga mengikuti cross registration di Harvard Bisnis School.


"Berat banget S2 itu, bahkan lebih capek dari kerja kalau yang saya rasakan. Saya bisa mengerjakan itu (tugas) sampai tengah malam jam 1 baru tidur, jam 2 baru tidur, terus jam 7 harus ke kampus lagi buat kuliah," pungkasnya.


Kuliah di MIT juga ada gap knowledge antara apa yang dipelajari di Indonesia dengan pendidikan di sekolah besar seperti MIT dan Harvard. Jadi, mahasiswa harus belajar dan membaca lebih banyak untuk mempersempit gap tersebut.


"Mereka tidak takut dianggap (melontarkan) pertanyaannya bodoh. Jadi ketika kuliah tuh, dosen lagi ngajar, mereka akan angkat tangan buat bertanya. Kalau di Indonesia kan biasanya di akhir kuliah, dosen tanya "ada yang mau bertanya?" Kita kan biasanya diam," tutur  Nyoman dengan tegas.


Meski adaptasi cukup berat, pada akhirnya ia sangat senang karena MIT merupakan universitas terbaik di dunia uang memiliki fasilitas, tenaga pengajar, dan kurikulum di atas rata-rata.


Nyoman mengatakan bahwa disana juga terdapat ajang business conference, yakni suatu konferensi di mana mahasiswa bisa bertemu dengan investor. Jika mahasiswa itu memiliki ide startup dan mengajukan proposal, mereka akan diberi modal $2500 sampai $5000 untuk mengimplemetasikan idenya, beserta mentor dari profesor atau alumnus MIT.


"Jadi ekosistemnya itu sangat mendukung mahasiswa untuk bisa berinovasi dan membuat wirausaha sendiri," kata Nyoman.


Melirik Dunia Bisnis

Pada saat itu, Nyoman pun akhirnya menyelesaikan studi S2nya pada tahun 2021 dengan gelar Master of Science in Engineering and Management.


Semua pengalaman-pengalaman studi yang ia lakukan dan kehidupan di negeri Paman Sam telah membuka wawasan dan pemikirannya. Berawal dari sini, ia ingin memberikan pengaruh positif yang lebih kepada masyarakat atas ilmu dan pengalaman yang ia dapatkan.


Pada saat itu, Nyoman yang sudah menikah dan merasakan LDM (Long Distance Mariage) ingin bisa bekerja dengan tidak banyak meninggalkan keluarga. Dalam masa pencarian ide usahanya, Nyoman dihadiahi dan dikaruniai dengan sebuah kehamilan. Ia kemudian terpikir bahwa sulitnya untuk mencari produk-produk skin care atau personal care untuk merawat bayi atau anak-anak dengan kualitas baik, berkhasiat, namun dengan harga terjangkau.


Sebab, menurutnya, produk-produk tersebut kebanyakan masih didominasi brand premium dengan harga melejit dari luar negeri. Sementara brand lokal yang ada dengan harga murah belum bisa maksimal memberikan efikasi atau khasiat pada penggunanya.


"Akhirnya saya lihat di situ ada opportunity, ada gap. Akhirnya saya menggunakan experience (ketika bekerja), network pabrik yang saya wawancara ketika (mengerjakan) master thesis, kenapa saya nggak bikin sendiri brand saya? Akhirnya saya bangun Gently (Gently Indonesia)," jelas Nyoman.


Namun, setelah melalui berbagai perjuangan dan tahap-tahap yang sulit, Akhirnya Nyoman secaa perlahan-lahan melakukan RnD (Research and Development) untuk produknya. Ia mencari pabrik untuk produksi, supplier, serta berbagai persyaratan lain untuk sebuah produk.


"Akhirnya saya launching produk di April 2022 kemarin. Jadi cukup panjang perjalanannya," ucapnya. Usaha Nyoman akhirnya tidak sia-sia. Usahanya Nyoman ini adalah produk perawatan ibu dan anak yang tak hanya memberi manfaat namun kesadaran akan produk yang aman.


"Kita tidak hanya natural dan save, tapi juga ada health benefit kepada si pengguna atau user” lanjutnya.


Wanita Lulusan ITB & MIT, Kini Bangga Jadi Ibu dan Entrepreneur

Kini, Nyoman bukan hanya sekedar wanita lulusan ITB dan MIT saja, tetapi ia juga merupakan seorang ibu dan entrepreneur yang telah memiliki 8 orang karyawan. Bagi Nyoman, perjuangannya selama ia menempuh pendidikan tidaklah sia-sia. Logika dalam berpikir menjadi sebuah bekalnya dalam mengembangkan dan melakukan usaha.


Selain itu, ia juga memiliki etos belajar yang terjaga. Misalnya saat ada kesulitan bisnis, tentang marketing, talent, serta distribusi barang, ia terus mempelajarinya. Namun, Nyoman juga mengakui jika peran keluarga sangatlah penting untuk menguatkan sayapnya agar bisa terbang lebih tinggi lagi.


Menurutnya support keluarga merupakan hal yang sangat penting, karena bisa membuatnya fokus dan tenang dalam bekerja. Terlebih lagi, sang suami yang juga membantu usahanya sekaligus menjadikan nilai positif bagi Nyoman.


"Yang pasti bantuin ngurus anak kalau saya harus kerja keluar rumah lama, terus juga bahkan ayah saya juga suka ngasih modal dikit-dikit dulu di awal-awal buat ngejalanin usaha ini," ucap Nyoman.


Nyoman berharap usahanya bisa menyerap dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas lagi.  Selain itu, Ia juga berharap bisa memberikan khasiat yang baik serta health benefit hingga bisa dicintai dan disenangi oleh konsumen khususnya untuk seluruh ibu dan anak Indonesia.


Namun, tentang manfaat, bagaimana memberi manfaat buat masyarakat luas, bukan cuma dari lapangan pekerjaan, tapi juga dari produk yang kita ciptakan," ujarnya.


"Ini semua tentang manfaat yang bisa kita berikan selama kita hidup kepada orang di sekitar kita. Apa sih yang bisa kita tinggalkan atau berikan ke lingkungan kita setelah kita nggak ada di dunia ini?" ungkapnya lagi.


Selain itu, Nyoman juga memberi semangat atau motivasi kepada siapapun yang sedang berusaha menggapai cita-cita atau melanjutkan pendidikan. Ia mengingatkan agar tidak mudah menyerah.


Sebab, semua orang mempunyai kesempatan yang sama, siapa yang bisa memanfaatkan waktu dengan baik mereka akan berhasil.


"Jangan cepat putus asa, kalau gagal coba evaluasi diri apa yang bisa diperbaiki lalu bangkit lagi. Jadi kalau sedih jangan berlarut-larut. Bangkit lagi aja dan yakin ketika kita usahanya keras dan berdoanya juga sungguh-sungguh, kita pada akhirnya pasti akan dapat hasil terbaik. Jadi usaha tidak pernah membohongi hasil, saya percaya banget itu," kata Nyoman.

(Ananda Z/Dyl)

=