Notification

×

Iklan

Iklan

Kemenag Sulawesi Utara Ingatkan Pentingnya Peran dan Fungsi Orang Tua dalam Keluarga

16 Juni 2023 | Jumat, Juni 16, 2023 WIB | Last Updated 2023-06-16T02:07:34Z

 


Serambiupdate.com
- H Sarbin Sehe  selaku Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara menuturkan bahwa keluarga merupakan dasar dari pendidikan anak untuk bekal di kehidupan sosial.

 

"Perlu diingat sangat penting peran dan fungsi orang tua dalam keluarga untuk memastikan bahwa anaknya sehat dan aman," tutur Sarbin.

 

Menurut Sarbin, peran orang tua dalam keluarga diantaranya adalah memberikan sarana dan prasarana untuk mengembangkan kemampuan sebagai bekal di kehidupan sosial, serta sebagai media dalam menanamkan nilai sosial dan budaya sedini mungkin.

 

"Peran penting orang tua dalam keluarga salah satunya adalah memperhatikan fungsi keagamaan, yaitu dengan memberi panutan yang baik dalam ibadah dan perilaku kepada anak," ujar Sarbin.

 

Sarbin menambahkan, fungsi lainnya adalah sosial budaya, fungsi cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosial dan pendidikan, ekonomi pembinaan cinta lingkungan. Fungsi yang tidak kalah penting adalah tanggung jawab melaksanakan fungsi pendidikan dalam keluarga yang baik untuk mempersiapkan masa depan anak-anak.

 

"Kami prihatin dengan begitu banyaknya anak harus tinggal di panti-panti asuhan. Karena itu orangtua harus sadar betul peran keluarga sebagai dasar pendidikan. Orang tua jangan membunuh masa depan anak-anak karena tidak sekolah," tambah Sarbin.


adp

=