Notification

×

Iklan

Iklan

Babak Final Rushd National Olympiad 2023 Sukses Digelar Di Sragen,

Sabtu, 01 April 2023 | 4/01/2023 12:04:00 PM WIB | Last Updated 2023-04-03T04:15:09Z

Serambiupdate.com Rushd National Olympiad (Ratio) 2023 merupakan ajang kompetisi bagi para talenta muda berbakat yang diadakan oleh Yayasan PendidikanUnggulan Rushd.

 

Kompetisi ini berupa olimpiade sains tingkat nasional bagi siswa SMP dan MTs atau sederajat di seluruh Indonesia dengan tiga cabang bidang studi yang dilombakan, yaitu IPA, IPS dan Matematika. Ratio 2023 ini dilaksanakan dalam dua babak, yaitu babak penyisihan (online) dan babak final (offline).

 

Babak Penyisihan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Februari 2023 secara daring dan babak Final dilaksanakan pada Sabtu, 4 Maret 2023 di Kampus SMA Unggulan Rushd, Masaran, Sragen, Jawa Tengah.

 

"Latar belakang dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kembali jiwa kompetisi para siswa di bidang IPA, IPS dan Matematika serta asesmen diri atas materi pelajaran yang telah didapatkan di sekolah," tutur Kepala SMA Unggulan Rushd, Eko Sugiyanto (31/3).

 

"Ratio 2023 merupakan event perdana yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Unggulan Rushd. Harapannya, semoga untuk acara-acara selanjutnya dapat diikuti lebih banyak peserta dari berbagai daerah di Indonesia," tambah Eko.

 

Tahun ini, gelaran Ratio diikuti oleh 442 peserta. Para peserta berasal dari 13 provinsi yaitu Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, DIY, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Lampung, Sulawesi Tenggara dan Sumatera Utara.

 

Pada babak final terdapat 50 peserta terbaik untuk bidang IPA, IPS dan Matematika, sehingga total ada 150 finalis yang mengikuti babak final "Ratio 2023".

 

"Untuk para juara Ratio 2023, diambil lima terbaik untuk masing-masing bidang," jelas Eko.

 

Lebih jauh ia menjelaskan, seluruh peserta Ratio akan mendapatkan e-sertifikat, sertifikat untuk 50 finalis per bidang, medali dan sertifikat bagi para juara.

 

Tak hanya itu, diberikan pula uang pembinaan bagi para juara, yaitu Juara Pertama sebesar Rp. 1.000.000, Juara Kedua Rp.750.000, Juara Ketiga Rp.500.000, dan Juara Keempat dan Kelima sebesar Rp. 250.000.

 

Pendiri SMA Unggulan Rushd, Achmad Zaky mengharapkan sekolah ini mampu melahirkan pemimpin masa depan yang siap menghadapi tantangan Era Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0.

 

Oleh karena itu, nantinya akan diadakan melalui berbagai kegiatan di sekolah yang sesuai dengan program program unggulan sekolah, seperti Entrepreneurship Program, Communication Skill dan STEAM Education.

 

“Di SMA Unggulan Rushd, kami mendidik siswa untuk memiliki karakter kepemimpinan yang kuat. Kami menghadirkan budaya unggul, berintegritas, kritis, kreatif, dan kolaboratif di lingkungan sekolah dan asrama. Karakter inilah yang menjadi kunci melahirkan pemimpin inovatif yang memiliki dampak besar untuk masyarakat di masa depan,” tutup Eko.

 

(Alifia Angel/dyl)

=