Notification

×

Iklan

Iklan

Memanfaatkan Teknologi untuk Melestarikan Budaya Lokal

19 Maret 2023 | Minggu, Maret 19, 2023 WIB | Last Updated 2023-03-19T02:18:00Z

 


Oleh : Alya Rida Nadya 

Mahasiswa Manajemen Feb Uhamka 


Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan. Begitu banyak kebudayaan di Indonesia yang memiliki keunik dilihat dari adat dan tradisi daerah-daerah yang ada di Indonesia. Bali merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang paling diminati di dunia, Bali menawarkan keindahan alam dan kekayaan budaya. Banyak wisatawan asing atau pun domestic datang bukan hanya untuk melihat keindahan alam yang dimilikiPulau Bali tetapi juga untuk melihat kebudayaan-kebudayaan unik yang ada.

 

Kebudayaan merupakan salah satu peninggalan nenek moyang yang harus dijaga kelestariannya agar kebudayaan tersebut tetap utuh dan tentunya akan membuat Bali tetap menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati di dunia. Adanya perkembangan zaman dalam melestarikan budaya dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai tuntutan zaman. zaman globalisasi seperti saat ini, dimana penggunaan teknologi sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari.


Sekarang ini sudah banyak sekali website, blog, atau pun akun jejaring sosial yang digunakan untuk mempromosikan atau memperkenalkan kebudayaan yang ada di Bali. Seperti halnya sekarang ini pemerintah mengadakan festival kebudayaan seperti PKB (Pesta KesenianBali) yang merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Provinsi Bali yang dijadikan wadah aktivitas dan kreativitas para seniman dalam upaya ikut mendukung program pemerintah dalam hal pelestarian dan pengembangan nilai- nilai seni budaya yang adhiluhung. Penggalian dan pengembangan berkesenian pada Pesta Kesenian Bali, sebagai upaya untuk mengimbangi adanya distribusi budaya asing sebagai akibat globalisasi menyeluruh,karena dengan adanya Pesta Kesenian Bali dapat menuntun perilaku masyarakat dalam konteks berfikir, berkata dan berbuat yang diimplementasikan dan diwujudkan dalam bentuk karya cipta seni budaya.


Festival-festival seperti ini dipromosikan melalui jejaring sosial yang memang penggunaannya cepat dan murah. Acara-acara festival yang dipromosikan menggunakan teknologi internet memiliki kelebihan seperti akan ada banyak orang dari berbagai daerah, baik di dalam negeri atau pun diluar negeri yang akan tau tentang acara tersebut dalam waktu yang lumayan singkat.


Selain melalui internet promosi juga dilakukan melalui media cetak, pemanfaatan teknologi desain grafis diperlukan dalam membuat pamphlet, brosur, atau pun poster yang terlihat menarik untuk mempromosikan kegiatan tersebut. Adanya hal itu kita bisa melihat pemanfaatan teknologi dalam melestarikan budaya di Bali agar tidak tergerus globalisasi melainkan kebudayaan tersebut dapat berkembang mengikuti perubahan zaman tanpa mengubah keaslian budaya tersebut.

 

Peran teknologi dalam memperkenalkan budaya lokal atau pun untuk mempromosikan acara festival budaya merupakan sedikit pengaruh eraglobalisasi yang dimanfaatkan secara positif agar terjadi keselarasan antara pemanfaatan teknologi yang semakin maju dengan pelestarian kebudayaan yang dimiliki.


=