Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen Matematika S2 Uhamka Mengabdi, Tingkatkan Kemampuan Guru di berbagai Pulau dalam Pembelajaran Matematika Realistik

19 Maret 2023 | Minggu, Maret 19, 2023 WIB | Last Updated 2023-03-19T03:06:28Z

Serambiupdate.com Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) laksanakan kegiatan pengabdian masyarakat atas kerjasama dengan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka secara daring terhadap guru SD, SMP, SMA dari Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan serta dosen sebagai peserta dalam menambah wawasan tentang pembelajaran matematika yang menarik bagi siswa maupun mahasiswa serta membangun keakraban dan kebersamaan antara guru dan dosen dalam pengembangan pendidikan matematika (11/3).

 

Kegiatan ini diketuai oleh Sigid Edy Purwanto bersama Joko Soebagyo, merupakan dosen Matematika Pascasarjana Uhamka dalam kaitan ini sebagai pemateri dengan penyampaian bahwa pembelajaran matematika realistik perlu menggunakan benda secara konkret dengan sedemikian rupa sehingga dapat memunculkan kemampuan siswa untuk memproduksi konsep matematika yang di pelajari.

 

Pembelajaran Matematika Realistik yang telah dikenal luas di kalangan pendidik dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa. Belajar matematika yang diawali dengan menampilkan konteks dunia nyata bagi siswa, baik dengan menggunakan benda konkret maupun konteks yang konkret bagi siswa dikemas dalam pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa. Pembelajaran ini membangkitkan interaktivitas antara siswa dengan siswa dan antara siswa dengan guru serta memunculkan kemampuan siswa untuk memproduksi sendiri konsep matematika yang dipelajari,” tutur Sigid.

 

Dilain pihak, Joko Soebagyo turut menyampaikan sebagai pemateri kedua bahwa penting bagi Guru untuk aktif dan kreatif dalam pembelajaran, selain mampu mengemas pembelajaran yang baik juga mampu melakukan penelitian. Ada banyak metode penelitian yang dapat dipilih Guru, salah satunya penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif pun banyak jenisnya, dan banyak yang dapat dipilih Guru. Disampaikan pula aplikasi analisis data penelitian kualitatif yang dapat dimanfaatkan secara luas oleh Guru yaitu MaxQDA,” ujarnya.

 

Dalam pelatihan ini juga diselingi dengan kegiatan praktik yang dapat dilakukan oleh Guru. Praktik memanfaatkan berbagai aplikasi yang tersedia di internet untuk membantu kegiatan pembelajaran dan penelitian.

=