Notification

×

Iklan

Iklan

Generasi Muda Peduli Edukasi, Mahasiswa S2 Pendidikan Matematika UPI Gelar PPM Sebagai Wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi

23 Maret 2023 | Kamis, Maret 23, 2023 WIB | Last Updated 2023-03-23T13:00:22Z

Serambiupdate.com 31 Mahasiswa Magister Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) laksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tingg yang diselenggarakan selama dua hari di dua tempat, pada Sabtu dan Ahad, 18 - 19 Maret 2023 di SD Negeri Cihanjuang 2 dan Yayasan Yatim & Dhuafa Daarul Husna Parongpong Kabupaten Bandung Barat dengan mengusung tema “Doing for Caring the Educational and Economical Growth” serta penyerahan donasi berupa perlengkapan kebersihan sekolah, sembako serta uang tunai untuk yayasan yang dihadiri oleh Sufyani Prabawanto dan Prof. Nurjanah selaku dosen pembimbing kegiatan PPM dari UPI.

 

Hidayatul Ridho selaku ketua pelaksana menuturkan bahwa, “tujuan dilaksanakannya kegiatan PPM ini yaitu mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus sebagai wujud kontribusi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya di Kecamatan Parongpong ini.” ujarnya.

 

Dalam hal ini, mahasiswa tim PPM dibagi ke tujuh kelompok untuk melaksanakan beragam kegiatan yang menarik dan interaktif. Pada hari pertama terdapat tiga kelompok yang melaksanakan kegiatan di SD Negeri Cihanjuang 2. Aktivitas dihari pertama ini diikuti oleh siswa kelas 4,5, dan 6 yang berjumlah 85 siswa. Siswa difasilitasi untuk dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan matematika dasar melalui berbagai penjelasan dan permainan yang atraktif. Salah satunya dengan mengimplementasikan pendekatan STEAM dalam pembelajaran pada materi jaring-jaring kubus dan balok. Seluruh siswa aktif dan terlibat langsung membangun pengetahuannya terkait materi tersebut.

 

Dilain pihak, Sustini selaku Kepala SD Negeri Cihanjuang 2 menyambut baik pelaksanaan kegiatan PPM ini karena dapat memotivasi siswa untuk lebih giat belajar serta dapat menciptakan lingkungan belajar matematika yang lebih menyenangkan.

 

Pada hari selanjutnya terdapat empat kelompok yang bertugas untuk mengisi kegiatan pengabdian kepada 60 anak di Yayasan Yatim dan Dhuafa Daarul Husna Parongpong. Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan di yayasan tersebut adalah memotivasi anak-anak agar memiliki semangat juang dalam belajar. Kegiatan yang diadakan berupa pengenalan all about NKRI dan Jawa Barat melalui Kartu Edukatif, storytelling yang dikaitkan dengan teka-teki matematika, serta belajar berhitung menggunakan metode jarimatika.

 

Anak-anak yayasan juga diberi pengetahuan terkait penanggulangan sampah serta dampak dari ketidakpedulian terhadap lingkungan. Mereka dibimbing untuk belajar memilah dan membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampah. Melalui kegiatan tersebut anak-anak juga diberi motivasi untuk melakukan langkah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yaitu dengan menyajikan kerajinan berupa celengan dari kardus, vas bunga, kotak pensil, dan lain sebagainya.

 

Sufyani Prabawanto selaku dosen S2 Program Magister UPI menyatakan bahwa “kegiatan ini tidak hanya sekedar memberikan pembelajaran ke anak-anak melainkan sebagai wadah mahasiswa belajar dari apa yang dia temukan pada anak-anak, sehingga kita tidak merasa lebih hebat dari yang lain, ada kurangnya ada lebihnya setiap manusia,” tuturnya.

 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi penggugah kesadaran bagi masyarakat luas terutama mahasiswa yang merupakan agent of change serta menjadi pelopor dalam mentransformasikan Indonesia menjadi bangsa yang unggul, cerdas, saling tenggang rasa, dan peduli terhadap lingkungan.

=