Notification

×

Iklan

Iklan

Unesa Punya Prodi Baru, Bisa Kamu Pilih di SNPMB 2023

20 Februari 2023 | Senin, Februari 20, 2023 WIB | Last Updated 2023-02-20T07:38:23Z


Serambiupdate.com Universitas Negeri Surabaya (UNESA) telah membuka dua program studi baru sarjana (S1). Mata kuliah baru ini dapat diseleksi baik untuk Seleksi Nasional Mahasiswa Baru 2023 (SNPMB) maupun Seleksi Prestasi Nasional (SNBP), Ujian Nasional (SNBT) dan Seleksi Mandiri.

 

Dua mata kuliah baru tersebut adalah Ilmu Komputer di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Mata Kuliah Manajemen Keolahragaan di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK).

 

Rektor Unesa Nurhasan mengatakan, prodi baru ini merupakan komitmen dan respon Unesa terhadap kebutuhan zaman. Sebagai ilmu data, ini adalah tuntutan abad ini, sudah dikaitkan dengan teknologi digital, kecerdasan buatan di metaverse.

 

Pada saat yang sama, manajemen olahraga lebih kepada komitmen Unesa untuk mempromosikan etos olahraga dan prestasi negara di kancah dunia. “Tujuan prodi ini adalah untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, berwirausaha dan membangun industri olahraga yang profesional. Prodi ini mendapat dukungan penuh dari Menpora Zainud Amal karena urgensi dan prospeknya ke depan,” kata Nurhasan kepada Unesa situs web pada hari Senin tanggal 20 Februari 2023.

 

Lulusan dengan kombinasi manajemen dan olahraga diharapkan pada akhirnya menjadi sport event manager, sports marketing, sports industry, sport tourism, sport planner, sport research dan produser konten handal yang mendukung perkembangan industri olahraga di Indonesia.

 

Sementara itu, Direktur Akademik Unesa, Fida Rachmadiarti menjelaskan, kursus ilmu komputer memang sudah dibuka sejak tahun lalu. Namun, hanya pada jalur mandiri atau SPMB, dengan total pendaftaran 286 peserta saat itu.

 

Tahun ini saja, program studi tersebut dapat dipilih pada jalur SNBP, SNBT dan SPMB (mandiri). “Kursus ini melatih para data scientist, data analyst, information engineer, digital entrepreneur, asisten peneliti dan pengembang data yang kompeten. Program studi ini digunakan di semua bidang dan industri,” jelasnya.

 

Pada saat yang sama, kursus manajemen olahraga baru saja dibuka dan menerima mahasiswa baru tahun ini. Tentunya ini menjadi kesempatan bagi peserta yang ingin menimba ilmu keolahragaan profesional di bidang manajemen olahraga.

 

Sukarmin, Kasubag Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Jurusan Akademik Unesa mengatakan, kuota mahasiswa baru jurusan ilmu informatika tahun ini mencapai 270 mahasiswa. Sementara itu, mata kuliah Manajemen Olahraga membuka kuota penerimaan mahasiswa baru sekitar 180 orang.


(Ika R/Dyl)

=