Notification

×

Iklan

Iklan

Perbedaan Sekolah Tinggi dan Politeknik yang perlu diketahui Calon Mahasiswa Baru

14 Februari 2023 | Selasa, Februari 14, 2023 WIB | Last Updated 2023-02-14T08:06:45Z




Serambiupdate.com Sekolah tinggi dan Politeknik merupakan perguruan tinggi terapan di Indonesia. Apa perbedaan diantara keduanya? Simak informasi selengkapnya.

 

Beberapa universitas saat ini  membuka peluang mahasiswa baru untuk siswa SMA dan SMK. Baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. 

 

Undang-undang Pendidikan Tinggi  nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi memuat ketentuan  pendidikan tinggi  di Indonesia. 

 

Salah satu penjelasan dalam undang-undang tersebut adalah bentuk perguruan tinggi yang terbagi menjadi 6 . Yaitu bentuk pendidikan tinggi universitas, institut, gimnasium, universitas ilmu terapan, akademi, dan akademi komunitas. 

 

Dikutip dari UU 12/2012, Inilah Definisi Sekolah Tinggi dan Politeknik yang Harus Diketahui Calon mahasiswa baru. 

 

Definisi

1.Sekolah Tinggi

Sekolah Tinggi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakn pendidikan vokasi dalam satu rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan  profesi.

 

2.Politeknik 

Politeknik adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan studi akademik, yang dapat  menyelenggarakan pendidikan profesi dalam  rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi tertentu, dan jika memenuhi persyaratan gimnasium dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

(Ika Rahmawati/dyl)

=