Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Prodi BK Uhamka adakan Program KKN di Bandung Barat

23 Februari 2023 | Kamis, Februari 23, 2023 WIB | Last Updated 2023-02-23T15:06:55Z

   


                      

Serambiupdate.com Mahasiswa FKIP  Prodi Bimbingan dan Konseling UHAMKA melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat atau program KKN. Pelaksanaan KKN kelompok 21 yang dibimbing Nurmawati  beranggotakan 6 mahasiswa diantaranya Karina Amelia S, Mega Syifa, Muhammad Fikri Jafar S, Nanda Devi R, Nelsa Nurul H, Putri Aprillia R. 

Kegiatan tersebut berlangsung selama 30 hari (30/01) sampai (27/02), berlokasi di Desa Cigugur Girang, Kp.Nihmat RT 02. RW 06 Kecamatan Parongpong, Bandung Barat. Tema kegitan KKN adalah  "Generasi Pelopor Tanggap Bencana Guna Membangun Kepedulian Sosial Dalam Ranah Bimbingan dan Koseling”

Kegiatan utama pada dasarnya pemberian layanan kepada masyarakat melalui sosialisasi dalam beberapa bidang diantaranya pendidikan, kesehatan, sosial dan keagamaan. Bidang Pendidikan diantaranya memberikan layanan informasi di TK Al-Falah dan Madrasah Ar-Rohmah, Bidang kesehatan diantaranya ikut serta kegiatan posyandu RW 06, bidang sosial yaitu ikut serta gotong royong bersama seluruh warga RW 06, bidang keagamaan yaitu mengajar ngaji dan pengajian mingguan bersama warga, konseling pribadi dan bimbingan kelompok, Karena seperti yang kita ketahui pemberian layanan kepada masyarakat sangat diperlukan bagi masyarakat guna menambah pengetahuan dan pemahaman bagi masyarakat sekitar. 

Muhammad Fikri Jafar S selaku ketua kelompok menyatakan, "Program Kerja kelompok 21 memfokuskan kepada bidang sosial yaitu “Penyediaan tempat pembuangan sampah” dengan menyiapkan tempat sampah di setiap sudut RT diantara RT 01, RT 02, dan RT 03. Seperti yang kita ketahui membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan bencana alam seperi banjir, aliran selokan menjadi mampet, dan juga dapat menganggu kenyamanan warga sekitar."

"Pelaksanaan sosialisasi tentang membuang sampah pada tempatnya diharapkan warga terinternalisasi dan dapat merubah kebiasaan membuang sampah sembarangan. Upaya tersebut dilakukan agar terciptanya lingkungan yang bersih, nyaman dan mencegah terjadinya bencana banjir di Desa Cigugur Girang, " Katanya. 

"Seluruh rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan kelompok-21 Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka program studi Bimbingan dan Konseling diharapkan adanya peningkatan kesadaran masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman dan mencegah terjadinya bencana banjir di Desa Cigugur Girang, " Tambahnya. 

=