Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa FKIP UHAMKA Laksanakan KKN DIK-Kolaboratif di Temanggung Jawa Tengah

24 Februari 2023 | Jumat, Februari 24, 2023 WIB | Last Updated 2023-02-24T02:34:11Z


 Serambiupdate.com Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka FKIP Prodi Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Pendidikan Ekonomi melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN DIK- KOLABORATIF). Mahasiswa tim 13 melaksanakan pengabdian untuk memajukan dusun Kandangan, Desa Tempuran, Kec. Kaloran, Kab. Temanggung, Jawa Tengah yang berlangsung 15 hari pada ( 06-21/02). 

Kegiatan ini bertujuan sebagai pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mengenai sumber daya alam atau penghasilan warga lokal di Dusun Kandangan seperti jagung putih, singkong, dan pisang. 


Mahasiswa UHAMKA selama melaksanakan beberapa program kerja diantaranya, pembuatan plang TPU, sosialisasi UMKM  Ekonomi kreatif untuk mengembangkan kreatifitas warga dalam menghasilkan sumber pendapatan dari hasil perkebun warga Dusun kandangan, rumah belajar, TPQ, mengajar Paud, Penyuluhan Bahasa, pengaplikasian alat peraga matematika pada saat rumah belajar, pojok literasi, dan pentas seni.

Puncak acara berupa pentas seni dilaksanakan pada Minggu (19/02)  bertempat di LPQ Yayasan Sahabat Iman. Acara tersebut dilakukan secara kolaborasi dengan kelompok 14, sesuai dengan tema yang diusung oleh mahasiswa tim 13 dan tim 14 yaitu “Kesenian  Dusun Kandangan yang Berkemajuan” dengan menampilkan berbagai kesenian Dusun Kandangan seperti bela diri, tari romo-romo, jaran kepang, tari waro-waro, dan ditutup dengan gedhruk.


Dusun Kandangan mempunyai keunikan tersendiri diantaranya mempunyai tiga agama yaitu Buddha, Islam, dan Kristen. Warga lokal di Dusun Kandangan mayoritas bekerja sebagai petani dalam sumber pencaharian, sumber alam yang beragam dan dimanfaatkan seperti jagung putih, singkong, dan pisang. Sedangkan dalam budayanya terdapat kesenian jaran kepang dan gedhruk.

Ahmad Sobari sebagai ketua tim 13 mengatakan,"Dengan adanya kegiatan KKN-DIK KOLABORATIF, mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan warga Dusun Kandangan. Mahasiswa juga dapat menhargai setiap kebudayaan yang ada di daerah terutama di Dusun Kandangan."

"Kami selaku mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka  mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Tempuran Bapak Priyanto, Kepala Dusun Kandangan Bapak Widarwanto, dan ketua Karang Taruna Bapak Joko Setiawan, serta pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan KKN-DIK KOLABORATIF di Dusun Kandangan, " Tambahnya. 

=