Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa FKIP Uhamka Laksanakan KKN-Dik Kolaboratif untuk Temanggung Berkemajuan

23 Februari 2023 | Kamis, Februari 23, 2023 WIB | Last Updated 2023-02-22T23:10:13Z

 



Serambiupdate.com Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UHAMKA mengadakan program Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik) Kolaboratif. KKN-Dik Kolaboratif merupakan program KKN kolaborasi antara mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Program Studi Pendidikan Ekonomi (Pekom), dan Program Studi Pendidikan Matematika (PMTK). Tema yang diusung dalam program KKN-Dik Kolaboratif yaitu "Penguatan Literasi, Numerasi Berbasis Ekonomi Kreatif Untuk Temanggung Berkemajuan." 


KKN-Dik berlangsung selama 15 hari (06-20/02) di Desa Tempuran, Temanggung, Jawa Tengah. Kegiatan dilaksanakan di beberapa dusun antara lain, Tempuran, Dusun Ngadisari, Dusun Pencar, Dusun Kemriyan, Dusun Sidotopo, Dusun Kemloko, dan Dusun Kandangan. Kegiatan KKN-Dik Kolaboratif dibagi menjadi 17 kelompok, salah satunya kelompok 4 yang bertempat di Dusun Pencar. Kelompok 4 ini beranggotakan Andika Sena, Aris Siswanto, Anggie Risma, Aulia Adriyanti, Balina Lembahyung, Cinthia Venita, Ditha Puteri, Luthfia Fazra, Intia Prananda, Nur Hikmah, Salma Nadhira, dan Syifa Fadiyah. 


Program kerja yang sudah dilakukan yaitu rumah belajar; TPQ, posyandu; kegiatan ekonomi kreatif berupa pembuatan logo keripik talas dan singkong; perbaikan gapura Dusun Pencar; melakukan gotong royong membersihkan masjid; senam bersama ibu-ibu sekitar; lomba; dan acara pensi sebagai penutupan serta perpisahan mahasiswa KKN dengan warga Dusun Pencar. 


Acara pensi dihadiri oleh Bapak Priyanto selaku Bapak Kepala Desa Tempuran, Ibu Sunnatus selaku Kepala Dusun Pencar, ibu-ibu RT serta ibu RW, dan mahasiswa KKN yang berjumlah 24 mahasiswa.


Priyanto selaku Kepala Desa Tempuran mengatakan, "Sangat bersyukur karena kedatangan mahasiswa KKN terutama di Dusun Pencar. Masyarakat pun juga sangat berterima kasih karena kehadiran mahasiswa KKN membawa perubahan sehingga bila diadakan kembali KKN untuk tahun berikutnya di Dusun Pencar ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat".


Andika Sena selaku ketua tim kelompok 4 menyatakan, "Kami selaku mahasiswa juga mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang tentunya sangat berharga. Kami sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang menganggap kami seperti keluarga baru di dusun ini. Harapan kami semoga kegiatan KKN yang kami laksanakan ini dapat memberikan manfaat bagi warga Dusun Pencar."


=