Notification

×

Iklan

Iklan

Hadapi Digitalisasi Era 5.0, Dekan FTII Uhamka Sebutkan Program Unggulan dalam Acara tvMu

Sabtu, 28 Januari 2023 | 1/28/2023 09:49:00 AM WIB | Last Updated 2023-01-28T02:49:39Z


Serambiupdate.com
 - Dan Mugisidi, Dekan Fakultas Teknologi Industri dan Informatika Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (FTII Uhamka) menjadi narasumber dalam acara TerasMu yang ditayangkan oleh TV Muhammadiyah (tvMu), Selasa (28/1).

 

Pada acara ini Dan Mugisidi memberikan pandangannya terkait peranan teknologi dan digitalisasi di era 5.0. Sebagai awal, Ia mengungkapkan bahwa FTII memiliki tiga program studi diantaranya teknik mesin, elektro, dan informatika. Ia menjelaskan bahwa program studi informatika merupakan yang terbesar di FTII, karena perubahan teknologi saat ini mengarah pada digitalisasi era 5.0.

 

“Teknik mesin memiliki dua peminatan yaitu manufaktur dan konversi energi. Kemudian prodi elektro memiliki dua peminatan yaitu telekomunikasi dan otomasi industri. Dan teknik informatika memiliki peminatan diantaranya Artificial Intelligence,  Saat ini kami juga sedang mengajukan prodi sistem dan teknologi informasi bagian dari ilmu komputer yang akan menjadi sarjana komunikasi atau S.Kom nantinya,” tutur Dan.

 

Dan menambahkan, kurikulum yang digunakan FTII ini sangat disesuaikan dengan perkembangan zaman yang mengarah pada digitalisasi era 5.0. Ia menjelaskan bahwa lulusan FTII ini membutuhkan sebuah pengalaman untuk mengembangkan diri atau soft skills, sedangkan aspek pengetahuan di dalamnnya merupakan penggabungan penelitian yang dilakukan para dosen. Maka di dalam kurikulum yang dikemas FTII ini juga mendorong mahasiswa untuk aktif berkegiatan sosial.

 

“Kami selalu mengembangkan diri dalam berbagai bidang, bukan hanya SDM nya namun juga infrastuktur sarana prasarana. Misalnya kami melakukan pengembangan lahan untuk mendukung kegiatan mahasiswa seperti robotik dan mobil terbang. Kemudian kami juga menjalin mitra dengan sesame PTMA dan industri,” jelas Dan.

=