Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Pengmas FTII Uhamka Beri Pelatihan Literasi Digital dalam Rangka Menumbuhkan Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup di SDN SUSUKAN 09 Pagi Jakarta

28 Januari 2023 | Sabtu, Januari 28, 2023 WIB | Last Updated 2023-01-28T02:54:38Z


Serambiupdate.com
Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII), kolaborasi Program Studi Teknik Informatika, Teknik Mesin dan Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melakukan pengabdian masyarakat di SDN Susukan 09 Pagi Jakarta dalam upaya Menumbuhkan Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup di Sekolah dengan tema Pelatihan Literasi Digital Dalam Rangka Menumbuhkan Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup di SDN Susukan 09 Pagi dalam mengamalkan catur dharma perguruan tinggi.


Dalam ini turut dihadiri langsung oleh yakni Atiqah Meutia Hilda  selaku dosen Teknik Informatika (TI FTII Uhamka), Agus Fikri  selaku dosen Teknik Mesin (TM FTII Uhamka), Sofia Pinardi selaku dosen Teknik Elektro (TE FTII Uhamka), mahasiswa Teknik Informatika yakni Salsabila Putri Desriani dan  Muhammad Adryan Hasbi, Maryana selaku Kepala Sekolah SDN Susukan 09 Pagi, Tri Wahyuni Handayani selaku ketua Adiwiyata SDN Susukan 09 Pagi, serta para guru SDN Susukan 09 Pagi, Kamis (19/1).

 

Sesi pelatihan diadakan 5 sesi. Sesi pertama dibuka dengan sambutan dari Maryana selaku Kepala Sekolah SDN Susukan 09 Pagi. Ia menyampaikan bahwa SDN Susukan 09 Pagi merupakan pendidikan formal yang harus melaksanakan pendidikan lingkungan hidup sebagai peraih sekolah Adiwiyata.

 

”Menciptakan kondisi yang bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah untuk turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan,” tutur Maryana.

 

Sesi Kedua dilanjutkan oleh Tri Wahyuni Handayani  selaku Ketua Adiwiyata, ia memberikan penjelasan terkait Peran Kepedulian Lingkungan Hidup di SDN Susukan 09 Pagi. Ia juga menyampaikan sebagai sekolah Adiwiyata perlu adanya program-program keberlanjutan dari upaya peningkatan mutu pendidikan berwawasan lingkungan.

 

”Tentunya program yang berguna untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan menjadikan sekolah yang ramah lingkungan,” ujar Wahyuni.

 

Sesi ketiga disampaikan oleh Agus Fikri  selaku dosen prodi Teknik Mesin, ia memberikan penjelasan terkait Pemberdayaan Literasi Digital di Masyarakat. Segala aktivitas manusia terbantukan dengan teknologi.

 

”Literasi Digital sebagai bentuk kemelekan Digital yang dapat memberikan banyak manfaat terutama untuk sekolah dan contoh penerapannya,” kata Agus.

 

Sesi Keempat disampaikan oleh Sofia Pinardi selaku  dosen prodi Teknik Elektro, ia memberikan penjelasan terkait Belajar Literasi Digital Mudah dan Menyenangkan lewat Learning Platform dengan memperkenalkan flip book sebagai bentuk literasi atau buku digital yang dapat dibuat agar mudah dipahami. Ia juga memberikan contoh teknologi pengelolaan sampah yang bisa disisipkan informasinya ke dalam buku digital yang bisa dikreasikan.

 

”Dan tentunya flip book sangat menyenangkan karena dibentuk tiga dimensi yang di dalamnya bisa memuat teks, gambar, video, musik atau lagu, dan animasi bergerak,” ucap Sofia.

 

Sesi Kelima disampaikan oleh Atiqah Meutia Hilda selaku dosen Prodi Teknik Informatika sekaligus sebagai Ketua Tim Pengabdian Masyarakat yang memberikan Demo penggunaan Learning Platform untuk Literasi Digital. Dalam pelatihan ini para peserta yaitu guru-guru SDN 09 Pagi diminta untuk mempraktekannya langsung dengan tahapan-tahapan yang dimulai dengan melakukan instalasi Flip PDF Corporate.


“Selanjutnya kami ajarkan langsung mendesain Cover, Header, Footer E-modul, Desain Materi bahan E-Modul dalam hal ini materi terkait upaya menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan hidup di SDN Susukan 09 Pagi, melakukan Desain merubah logo, menginput video, membuat halaman, menyimpan project serta proses Publish E Modul dengan Flip PDF Corporate,” tutur Atiqah.

 

Pada praktek flip book, para guru sangat antusias mengikuti pelatihan. Pada sesi terakhir, dilakukan demo flip book yang sudah dikreasikan oleh Salsabila Putri Desriani dan  Muhammad Adryan Hasbi

 

Maryana selaku Kepala SDN Susukan 09 Pagi Jakarta dan Tri Wahyuni Handayani  selaku ketua Adiwiyata SDN Susukan 09 Pagi Jakarta menanggapi baik atas program pelatihan yang disalurkan oleh dosen Uhamka ke SDN Susukan 09 Pagi Jakarta.

 

”Saya berharap agar nantinya flip book dapat menjadi salah satu upaya sosialisasi bagaimana pentingnya mengelola lingkungan di sekolah sehari-hari dan menjadi wadah mengkomunikasikan hasil inovasi pembelajaran lingkungan hidup,” ujar Maryana.

 

Dilain pihak, Atiqah Meutia Hilda selaku Dosen Teknik Informatika FTII Uhamka menambahkan  bahwa para guru juga dapat melakukan pembuatan flip book dari materi-materi ajar. Dengan demikian, ia berharap pelatihan Literasi Digital tersebut dapat terus dilestarikan dan dikembangkan oleh para guru untuk menambah keahlian.

 

“Semoga dalam pelatihan Literasi Digital yang telah dilakukan ini, bisa bapak/Ibu guru praktekan sendiri menjadi sebuah keahlian baru, dan saya berharap nantinya kita bertemu kembali dan bapak/ibu bisa berpartisipasi lagi melalui program FTII lainnya,” harap Atiqah.

=