Notification

×

Iklan

Iklan

Industri Kreatif

25 Maret 2022 | Jumat, Maret 25, 2022 WIB | Last Updated 2022-03-25T03:56:00Z



Restu Amalia

Mahasiswa Manajemen Uhamka


Dalam beberapa tahun terakhir, ekonomi kreatif, industri kreatif, dan kota kreatif telah menjadi kata kunci di kota-kota besar Indonesia, yang secara mencolok menyasar kaum muda. Mengisi acara talk show, kompetisi, lokakarya, dan artikel majalah, konsep-konsep ini menjadi akrab hingga terlalu sering digunakan. Saat ini, mereka bahkan diadopsi dalam kampanye politik dan menginspirasi program studi baru di fakultas akademik.

Menargetkan segmen tertentu dari populasi pemuda perkotaan Indonesia yang berpendidikan, semakin kosmopolitan dan paham media, kampanye ekonomi kreatif mempromosikan citra memikat pekerja muda, modern, berpendidikan, mobile 'tanpa kerah' yang melihat pekerjaan mereka bukan hanya sebagai mata pencaharian, tetapi sebagai pemenuhan atau ekspresi aspirasi pribadi—tidak hanya untuk diri mereka sendiri tetapi juga untuk komunitas mereka. Mereka datang ke kantor—atau bekerja dari rumah atau kafe—dengan mengenakan pakaian kasual yang mereka sukai, memandang rekan kerja mereka sebagai teman dekat, dan dengan senang hati bekerja keras selama berjam-jam untuk mencapai hasil berkualitas tinggi.

Gambar-gambar trendi ini jelas beresonansi dengan beberapa anak muda, yang tertarik dengan rasa kebebasan dan keterhubungan global yang mereka kaitkan dengan karir di industri kreatif. Namun, di balik gambaran-gambaran tersebut, realitas anak muda di industri kreatif seringkali terdiri dari individu-individu lepas dan usaha kecil dengan keuntungan yang rendah dan tidak terduga. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang kualitas pendidikan dan informasi yang akan membantu kaum muda mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka, serta jalan yang tepat dari kewirausahaan kaum muda yang dipromosikan kampanye ini.

Pemerintah mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai salah satu yang 'mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stok pengetahuan sumber daya manusianya sebagai faktor produksi utama dalam praktik ekonominya', sedangkan industri kreatif adalah 'industri yang berasal dari individu kreativitas, keterampilan dan bakat, dan yang memiliki potensi kekayaan dan penciptaan lapangan kerja melalui penciptaan dan eksploitasi kekayaan intelektual dan konten.' Dengan demikian, pendapatan dihasilkan tidak hanya dari penjualan barang dan penyediaan jasa, tetapi juga dari perizinan kekayaan intelektual - misalnya, lisensi musik, film, desain produk, dan sebagainya.

Dari sudut pandang pemerintah, sektor industri kreatif menarik tidak hanya karena potensi pendapatan yang dapat dihasilkannya, tetapi juga untuk menyediakan jalan bagi kewirausahaan kaum muda. Mencerminkan sentimen umum, mantan Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif, Mari Elka Pangestu, dikutip mengatakan: 'Pemuda sangat dipengaruhi oleh tren terbaru dan gaya global dan terhubung ke media sosial'. Dalam pandangannya, ini menjadikan kaum muda sebagai kekuatan pendorong di belakang industri kreatif: ‘Mereka memiliki energi dan kreativitas untuk mengembangkan pengetahuan dan tradisi lokal.’

Namun terlepas dari penggambaran yang modis dan bergaya, pemuda yang tertarik pada industri kreatif masih menghadapi masalah yang serupa dengan industri lain di Indonesia seperti infrastruktur transportasi dan komunikasi yang tidak merata, inefisiensi birokrasi, dan masalah korupsi yang meluas.

Sebagai industri yang bertumpu pada ‘ide dan bekal pengetahuan sumber daya manusianya’, industri kreatif sangat bergantung pada keterampilan dan pengetahuan generasi muda terdidik dan kreatif. Dalam beberapa tahun terakhir, departemen baru dalam industri kreatif dan desain telah dengan cepat didirikan di universitas dan sekolah menengah kejuruan dengan berbagai reputasi dan kredibilitas di seluruh negeri. Sekolah-sekolah ini membantu mempromosikan gagasan industri kreatif sebagai pilihan karir yang layak bagi kaum muda dan orang tua mereka. Namun, kenyataan di sekolah-sekolah ini seringkali kontras dengan iklan mengkilap yang mempromosikan program studi baru ini. Kecuali untuk beberapa, sebagian besar sekolah dan perguruan tinggi hampir tidak dilengkapi dan mengalami kekurangan staf pengajar yang terampil dan fasilitas. Tidak banyak sekolah dan perguruan tinggi yang memiliki referensi atau akses terbaru ke jurnal, sementara perpustakaan umum, arsip, atau museum yang dapat diakses yang memperkenalkan seni, tradisi, dan pengetahuan lokal hampir tidak ada.

Bagi banyak anak muda, minat mereka pada industri kreatif biasanya dimulai sebagai eksperimen atau hobi biasa. Mereka sering memulai bisnis mereka tanpa rencana bisnis atau landasan hukum yang jelas. Ketika kekurangan modal, mereka biasanya meminta dukungan keluarga atau teman. Seringkali mereka bergantung pada fasilitas yang disediakan oleh orang tua, keluarga, teman, kampus, atau tempat kerja mereka, untuk penyediaan ruang kerja, komputer atau akses internet yang memungkinkan mereka untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Pekerja kreatif juga dapat menggunakan ruang pribadi mereka di rumah atau di kost, meminjam smartphone atau kendaraan dari teman, atau mengalokasikan sebagian dari biaya kuliah mereka untuk mendanai biaya produksi.

Memulai bisnis di industri kreatif memiliki risiko jam kerja yang tidak teratur atau 'fleksibel' dan pendapatan yang tidak teratur. Kondisi ini tentu bukan hal baru di kalangan anak muda yang berusaha mencari pekerjaan di Indonesia. Masalahnya, bagaimanapun, terletak pada pesan apolitis yang tidak berbahaya dari kampanye industri kreatif yang digunakan untuk memobilisasi harapan karir dan gaya hidup kaum muda. Prinsip dasar industri kreatif yang mengandalkan 'ide dan pengetahuan' yang tampaknya tidak material, sering kali menyembunyikan investasi waktu, modal, dan materi yang cukup besar yang diperlukan untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan reputasi yang diperlukan. Pengembang web, barista, pembuat film, dan desainer mungkin berasal dari industri yang berbeda, tetapi mereka tidak mengembangkan keterampilan dan reputasi mereka dalam semalam. Mereka harus meneliti dan berinvestasi dalam peralatan mereka, membeli komputer, kamera, perangkat lunak atau pembuat kopi, dan mengasah keterampilan mereka melalui pelatihan dan pengalaman kerja selama bertahun-tahun.

Meskipun keterampilan kerja dan bakat anak muda kreatif mungkin sebanding di berbagai daerah, infrastruktur yang paling menguntungkan bagi perusahaan rintisan digital ditemukan di Jakarta, Bandung, dan sekitarnya. Jakarta mendominasi akses potensial ke modal, klien, organisasi pendanaan multinasional, dan bahkan Internet dan listrik. Semua biro media internasional yang dapat memberikan eksposur berharga ke pasar global juga berlokasi di Jakarta.

Kampanye resmi tidak cukup, jika ada, memperhatikan pertanyaan tentang kesenjangan digital, peluang yang tidak setara dan kondisi kerja yang genting. Dalam kampanye ekonomi kreatif, kondisi genting cenderung terabaikan, atau bahkan berlapis gula sebagai hambatan yang harus diatasi dengan keuletan kreatif. Sebagai model untuk cara hidup dan bekerja yang baru untuk dicita-citakan, 'kreatif' dengan demikian merupakan konsep yang sangat dapat dieksploitasi. Sebagai teman bercanda tapi singkat berkata: 'Jika Anda tinggal di Indonesia, dengan dukungan pemerintah yang terkenal tidak dapat diandalkan untuk infrastruktur, Anda harus kreatif atau kere aktif (miskin tapi aktif)', artinya orang harus membangun atau menjadi infrastruktur mereka sendiri di tengah ketidakpastian seperti itu.


=