Notification

×

Iklan

Iklan

Sex Education; Mempersiapkan Anak Menghadapi Pubertas

22 Desember 2021 | Rabu, Desember 22, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-22T16:36:49Z


Serambiupdate.com 
Pubertas adalah suatu periode dimana terjadi kematangan seksual pada anak yang berkembang pesat terutama di masa awal remaja. Dilihat dari sudut pandang kesehatan, masalah kesehatan reproduksi diantaranya adalah masalah seks bebas, penyebaran penyakit kelamin, kehamilan di luar nikah maupun kehamilan yang tidak diinginkan.

 

Hal itu disampaikan dr Endin Nokik Stujanna PhD selaku Dosen FK UHAMKA dalam kegiatan pengabdian masyarakat edukasi seks dalam rangka mempersiapkan anak menghadapi pubertas melalui Zoom Meeting Sabtu (18/12)

 

Dosen yang juga ketua tim pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran Uhamka ini juga menyampaikan bahwa saat ini, pemahaman anak-anak mengenai pubertas dan organ reproduksinya masih rendah, sedangkan di sisi lain angka kasus seks bebas mulai marak  di kalangan remaja.

 

“Hal inilah yang membuat kami  tergerak untuk mengadakan edukasi terkait pubertas dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam masa tersebut”, ujar Nokik.

 

Menurut dr. Nokik, pemahaman yang baik tentang pubertas dan pengenalan lebih jauh terkait organ reproduksi adalah upaya promotif dan preventif yang baik untuk mencetak anak-anak remaja yang sehat.

 


Kegiatan ini merupakan kerja sama Fakultas Kedokteran Uhamka dengan LPPM Uhamka, dr. Endin Nokik Stujanna PhD menggandeng dosen lain sebagai anggota, yakni Dr.dr.Gea Pandhita S,M.Kes, Sp.S dan dr. Siti Mona Amelia Lestari, M.Biomed, dr. Adimas Euro Kurnia. Selain  itu, dibantu oleh empat mahasiswa FK Uhamka, Alzafan Efraim N Gori, As Sabda Rasul, Tasya Alleandra Sumantri dan Ratna Sari.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum SD Muhammadiyah 3 Parung Serab, Ibu Neneng Khaeriyah, S.Ag, S.Pd beserta peserta anak-anak baik dari laki-laki maupun perempuan dengan total sebanyak 40 orang. Tampak anak-anak sangat antusias dengan mengajukan berbagai macam pertanyaan. dr. Endin Nokik Stujanna PhD menjadi narasumber untuk anak perempuan dan dr. Adimas Euro Kurnia yang menjadi narasumber untuk anak laki-lakinya.

 

dr.Adimas menekankan bahwa secara umum saat pubertas anak-anak akan mengalami beberapa perubahan baik secara fisik maupun psikisnya. Hal ini terkait dengan perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh. Anak disarankan agar dapat menjaga kebersihan organ reproduksinya dengan menggunakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dan dan gunakan handuk yang bersih selepas membersihkan area sekitar organ reproduksi.

 

Dan jangan lupa anak dapat mulai dikenalkan dengan lingkungan pergaulan yang baik serta mengisi harinya dengan kegiatan yang produktif karena pada masa ini anak itu sedang mencari jati dirinya,” ujar Adimas.

=