Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen B. Jepang FKIP Uhamka Selenggarakan Pelatihan Budaya Jepang kepada SMK Sirajul Falah Parung Bogor

22 Desember 2021 | Rabu, Desember 22, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-22T16:25:41Z

Serambiupdate.com Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA bekerjasama dengan LPPM Uhamka menyelenggarakan pelatihan YOSAKOI bersama siswa/siswi di SMK Sirajul Falah Parung, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan pelatihan ini bertujuan sebagai implementasi salah satu budaya Jepang pada siswa/siswi SMK (20/12).

 

Materi yang disampaikan dalam kegiatan pelatihan ini meliputi pengenalan budaya jepang, pengenalan tari yosakoi dan praktek menarikan yosakoi secara langsung bersama siswa/siswi SMK Sirajul Falah yang dibimbing oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA, khususnya oleh tim Seiyuuki Yosakoi.

 


Kegiatan pelatihan yosakoi diikuti oleh siswa/siswi kelas 10 dan 11 SMK Sirajul Falah. Terdapat dua gerakan koreografi yang diajarkan, yaitu Seichou dan Minna de Yosakoi. Selain itu, para siswa/siswi juga diajarkan bagaimana cara untuk menggunakan alat yang dipakai ketika menarikan yosakoi, yaitu Naruko. Meskipun ini merupakan kali pertama bagi siswa/sisiwi menarikan yosakoi, namun siswa/siswi SMK Sirajul Falah terlihat sangat antusias dan merasa senang.


“Seru kegiatannya jadi ga bosenin. Alatnya juga unik. Seru.” tutur Adit selaku salah satu siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan.

 

Kegiatan ini dipelopori oleh dosen Pendidikan Bahasa Jepang UHAMKA, Ana Natalia, Ayu Putri Seruni, dan Yuni Masrokhah beserta lima orang mahasiswa yang tergabung dalam grup Seiyuuki Yosakoi PBJ UHAMKA, Sela Marselana, Ajeng Agustina Rahayu, M. Masthuur Perdana Putra, Laras Fajar Karunia, dan Nanda Aliyya.



Ana Natalia selaku ketua kegiatan pelatihan menuturkan bahwa kegiatan pelatihan yosakoi ini diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan minat siswa/siswa untuk mempelajari bahasa dan budaya Jepang.

 

“Harapannya agar bisa menumbuhkan dan meningkatkan minat pembelajar bahasa jepang dalam belajar budaya dan bahasa jepang ”tuturnya.

 

=