Notification

×

Iklan

Iklan

Prodi Profesi Apoteker Uhamka Berikan Penyuluhan Pencegahan Penyebaran Corona

28 Desember 2021 | Selasa, Desember 28, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-28T05:26:17Z

Serambiupdate.com Uhamka melalui LPPM berkomitmen untuk selalu memfasilitasi dosen-dosen di lingkungan Uhamka untuk melakukan pengabdian masyarakat dalam rangka melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.


Pengabdian masyarakat merupakan bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi yang harus dijalankan oleh dosen. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (Uhamka) melalui Lembaga Pengembangan dan Pengabdian (LPPM) memfasilitasi kegiatan Pengabdian Masyarakat bagi dosen-dosennya.

Pengabdian masyakarat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) pada Hari Minggu, 19 Desember 2021 mengambil tema “Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat Beresiko Terhadap Penyebaran Virus Corona”. Kegiatan tersebut dilakukan di daerah Bintara Rt 007 Bekasi Barat. Target kegiatan ini adalah ibu-ibu PKK.


Kegiatan Pengmas diprakarsai oleh dosen PSPA Ibu apt. Ari Widayanti, M. Farm., Ibu apt. Dwitiyanti, dan ibu Dr. apt. Siska, M. Farm. Acara dibuka oleh Ketua Pengabdian Ibu apt. Ari Widayanti, M. Farm. dan Ketua RT 007 Bapak Aji. Narasumber pada acara ini adalah Dr. apt. Siska, M. Farm.  Ibu apt. Ari Widayanti pada sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pengmas ini tidak hanya dilakukan satu kali saja, namun akan ada serangkaian kegiatan lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerah tersebut. Rt 007 Bintara ini akan menjadi salah satu desa binaan di bawah naungan Fakultas Farmasi dan Sains Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA khususnya Program Studi Profesi Apoteker.


Materi yang disampaikan kepada para peserta menggunakan leaflet yang eye catching sehingga menyenangkan untuk dibaca. Informasi yang tertulis menggunakan bahasa dan gambar yang mudah dipahami. Dr. apt. Siska, M. Farm menyampaikan pentingnya melakukan vaksinasi sebanyak 2 dosis dengan menggunakan vaksin yang disediakan oleh pemerintah. 


“Selain itu juga  kita bisa mencegah penularan virus corona dengan selalu menerapkan pola hidup sehat dengan rajin melakukan olahraga, makan makanan yang sehat, memasak makanan sampai matang, dan menerapkan prinsip 3M (menjaga jarak, memakai masker, dan rajin mencuci tangan),” lanjutnya. 


Acara dimeriahkan dengan pembagian doorprize bagi ibu-ibu yang dapat menjawab pertanyaan dari panitia.


Selain kegiatan penyuluhan untuk ibu-ibu, mahasiswa PSPA terdiri dari Fatah, Rama, dan Elita mengajarkan anak-anak usia 7-10 untuk membaca Al-Qur’an dan mengajarkan cara mencuci tangan yang benar menggunakan lagu agar menarik dan mudah diingat.


(DYL)
=