Notification

×

Iklan

Iklan

Pengembangan Media Belajar Bahasa Jepang dengan Aplikasi BIMI JAPAN

22 Desember 2021 | Rabu, Desember 22, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-22T10:24:02Z

Serambiupdate.com
Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka bersama LPPM Uhamka menyelenggarakan pelatihan pembelajaran menggunakan aplikasi BIMI JAPAN untuk guru-guru dan peserta didik di PTQ Al- Azhar Ummu Suwanah II, Sabtu (18/12).

Aplikasi BIMI JAPAN merupakan hasil karya dari mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang sebagai implementasi dari mata kuliah CALL. Aplikasi berbasis android ini sangat cocok digunakan untuk pembelajaran Bahasa Jepang baik tingkat pemula maupun menengah. Di dalam aplikasi ini membahas materi bertema hobi dan mimpi dalam Bahasa Jepang.


Keunggulan dari aplikasi ini yaitu praktis dan mudah digunakan. Di dalamnya terdapat tampilan kosakata, pola kalimat, dan juga latihan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan peserta didik dalam memahami materi didalamnya. Aplikasi BIMI Japan juga dilengkapi dengan gambar dan suara sehingga terlihat menarik dan pembelajaran akan terasa menyenangkan. 


Salah satu guru dari PTQ Al- Azhar Ummu Suwanah II, Iis Handayani, menuturkan bahwa aplikasi BIMI JAPAN sangat bermanfaat karena terdapat kosakata dan kalimat. Fitur gambar dan suara juga membantu peserta didik untuk fokus belajar.


“Melalui aplikasi BIMI JAPAN, anak-anak bisa mendapatkan banyak kosakata dan bisa lebih memahami kalimat dari tema yang ada di BIMI JAPAN. Aplikasinya juga menarik karena ada gambar dan video penjelasannya, jadi anak-anak bisa lebih cepat pahamnya,” tutur Iis.


Kegiatan ini dipelopori oleh dosen Pendidikan Bahasa Jepang yaitu Ayu Putri Seruni, Ana Natalia dan Yuni Masrokhah. Serta lima mahasiswa yaitu Sela Marselana, Ajeng Agustina Rahayu, Nurul Aulya Jannah, Afifah Nuraini Wahdah S, dan Rahmah Salsabila O.A sebagai pengembang dari aplikasi ini.


Ketua kegiatan tersebut, Ayu Putri Seruni Menuturkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inovasi pembelajaran Bahasa Jepang.


“Dengan diadakannya pelatihan BIMI JAPAN di sekolah, semoga menjadi inovasi pembelajaran bahasa jepang agar siswa lebih semangat belajar bahasa jepang, karena bisa belajar di mana saja dan kapansaja,” ujarnya

=