Notification

×

Iklan

Iklan

Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia saat Pandemi Covid-19

21 Desember 2021 | Selasa, Desember 21, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-21T05:12:44Z

 


 

Oleh : Muhammad Ridwan Mahasiswa FEB Uhamka 

Apa itu manajemen Sumber Daya manusia ? Manajemen Sumber Daya manusia merupakan suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup,pegawai,buruh,manajer dan semua tenaga kerja dari seluruh organisasi, lembaga atau perusahaan untuk mencapai tujuannya. Jadi pada dasarnya manajemen Sumber Daya manusia berfungsi untuk mengelolah dan mengarahkan orang-orang yang bekerja dalam perusahaan agar bertanggung jawab, disiplin dalam bekerja dan menerapkan nilai-nilai kebudayaan perusahaan.

 

Manajemen Sumber daya manusia bertujuan untuk mengarahkan seseorang untuk melakukan sesuatu untuk tujuan yang ingi dia capai, dikarenakan jika seseorang berjalan tampa arah dan  tujuannya akan membuat seseorng menjadi tesesat. Untuk itu kita harus tau pasti apa tujuan dari manajemen sumber daya manusia agar bisa mendapatkan atau menentukan diri kita sendiri agar menjadi lebih baik.

 

Pandemi covid-19 akhir-akhir ini telah mulai menurun. Dunia usaha dan perekonomian mulai kembali bernafas lega lantaran penurunan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), tetapi harus tetap siaga karena saat ini masih dalam situasi  kurang stabil.

 

Oleh karena itu para pemimpin perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja, dengan mengutamakan MSDM untuk menganalisis masalah secara cepat, antisipasi. Tetap berfikir optimis, kreatif, inovatif dan inspiratif. Untuk menempatkan Persaingan usaha pasca pandemi ini harus membutuhkan SDM yang profesional,kompeten, dan memiliki soft skill, sehingga tenaga kerja dalam level apapun mampu memberikan argumentasi yang di pertanggung jawabkan.

 

Dengan semakin melandanya penularan covid-19 yang di ikuti dengan kebijakan melonggarkan peluang bisnis, maka sesuangguhnya hal tersebut merupakan kesempatan bagi seluruh jajaran manajemen perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan terjadi pada saat ini.

 

Apabila suatu perusahaan mempunyai MSDM untuk membangun semangat kerja dan produktivitas, maka pemimpin perusahaan tidak akan terlampau sulit beradaptasi dengan tuntutan job-job baru sebagaimana disampaikan dari hasil kajian WORD ECONOMIC FORUM di masa yang akan datang.

 

Lewat kebijakan ini para pemimpin perusahaan yang memperhatikan struktur organisasi dalam system manajemen sumber daya manusia dengan seksama, maka dengan sendirinya akan menciptakan tenaga kerja yang benar-benar berkualitas.

 

 

 

 

 


=