Notification

×

Iklan

Iklan

15 Desember 2021 | Rabu, Desember 15, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-15T04:00:25Z


Karya Azwar Rifa'i

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Fikes UHAMKA


Telepon genggam atau sering dikenal dengan nama handphone adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang dapat di bawa ke mana-mana dan tidak perlu di sambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel. 

Sejarah telepon genggam sendiri dimulai pada abat ke -20, tepatnya pada tahun 1910, Lars Magnus Ericsson adalah seorang yang menekuni bidang telegraf, merupakan pendiri perusahaan ternama bernama Ericsson atau yang lebih di kenal sekarang sebagai Sony Ericsson. 

pada tahun 1921, penggunaan telepon genggam pertama kalinya digunakan pada suara institusi Negara, yaitu pada unit-unit kendaraan patroli Departemen Kepolisian di Detroit Micthigan. Perkembangan telepon genggam selanjutnya terjadi di Negara Eropa lain, Firlandia. Pada tahun 1960 sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perkabelan, Fennis Cable Work, kemudian mengembangkan perusahaannya menjadi perusahaan elektronik yang kemudian perusahaan ini memproduksi suatu brand telepon yang sangat terkenal pada masanya yaitu Nokia. Dan pada tahu  1969 sistem telekomunikasi secara resmi dikomersialkan. 

Pada awalnya telepon genggam tidak sekecil dan seenteng sekarang, bahkan pada awalnya istilah telepon genggam belum di gunakan, tetapi mobile telephone. Dr. Cooper yang saat Itu menjabat sebagai General Manager Communication System Motorola adalah orang pertama yang berbicara sendiri melalui telepon genggam yang ia pegang. Inilah kali Pertama khalayak ditunjukkan suatu telepon genggam. Meskipun telepon portable Yang dibawa Cooper saat itu masih seberat lengan manusia dewasa itu sendiri, yaitu Hampir satu kilogram.

Itulah sedikit sejarah mengenai telepon genggam yang mungkin sedang kita gunakan untuk membaca opini ini, dari saat itu telepon genggam mengalami banyak perubahan dari bentuknya yang dapat di lipat, layar sentuh, sampai layar sentuh yang dapat dilipat. Lalu kepintarannya yang minggin telah melebihi komputer yang digunakan NASA untuk menerbangkan manusia pertama ke bulan. 

Saya yakin telepon genggam atau yang labih kita kenal sebagai HP ini dimasa yang akan datang akan lebih menakjubkan lagi, mulai dari yang transparan hingga yang dapat memuat data hingga 1 server penuh, yang jelas perkembangan ini layak untuk kita nanti kedatangannya dan berharap dengan itu kita dapat melakukan hal-hal yang menakjubkan bahkan sekarang hal tersebut masih ada di dalam pikiran kita. 


=