Notification

×

Iklan

Iklan

UMKM di Solo Memiliki Potensi dalam Ekonomi Kreatif

15 Desember 2021 | Rabu, Desember 15, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-15T04:03:06Z

Serambiupdate.com
Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengungkapkan bahwa, perekonomian Indonesia saat ini menjadi salah satu bidang yang terdampak oleh pandemi Covid-19. khususnya dalam sektor ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif. sektot-sektor tersebut mengalami penurunan sepanjang tahun 2020 lalu. 


Menurutnya, tahun ini Indonesia bisa mengejar pertumbuhan perekonomian dengan bangkit bersama, serta dengan meningkatkan kreatifitas, inovasi, dan kolaborasi didalamnya. Hal tersebut ia paparkan dalam sambutannya secara virtual pada Univesitas Sebelas Maret (UNS) Innovation Festival, Selasa (14/12). 


Kota Surakarta merupakan salah satu Kota yang selalu mengembangkan kreatifitasnya. maka dari itu, melalui subtektor seni mampu berkontribusi sebesar 43,1 persen untuk pendapatan daerah. 


"Saya meyakini bahwa UMKM di Solo ini punya berbagai peluang dan potensi yang dapat dikembangkan dalam sektor ekonomi kreatif agar dapat berkembang kedepannya," ujar Sandi. 


Saat ini, fokus Kemenparekraf yaitu mengembalikan tingkat kepercayaan pasar agar meningkatkan mobilitas pasar, dibarengi dengan pengimplementasian protokol kesehatan yang ketat. ia menilai dengan memfokuskan peulihan pasar domestik, dpaat membuat Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri. 


(DYL)
=