Notification

×

Iklan

Iklan

5.093 Masyarakat Nagan Raya Terdampak Banjir

23 Desember 2021 | Kamis, Desember 23, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-23T14:23:06Z


Serambiupdate.com
Banjir menerjang Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh setelah hujan deras membanjiri Sungai Krueng Tripa hingga meluap.

 

Banjir tersebut terjadi pada Selasa (21/12) dini hari pukul 03.00 WIB. 

 

Ketika banjir, ketinggian air mencapai sekitar 30 hingga 70 cm. 

 

Pengawasaan BPBD Kabupaten Nagan Raya mengatakan, banjir perlahan surut pada Rabu (22/12) malam hari sekitar pukul 22.00 WIB. Kemudian, banjir surut sekitar 30 cm. 


Banjir ini melanda 2.857 kepala keluarga atau sekitar 5.093 jiwa di beberapa gampong atau desa di dua kecamatan. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa ini


Desa yang terkena dampak termasuk Desa Ujong Kami,  Kuta Trieng, Lami, Alue Kuyun, Sumber Makmur, Simpang Deli Gamping, dan desa Kuala Seumayam di Kecamatan Darul Makmur. 

 

Sementara itu, di Kecamatan Tripa Makmur, desa yang terdampak adalah Gampong Panten Pagee, Ujong Krueng, Mon Dua, Neubok Yee PP, Neubok Yee PK, Pasie Keubeu Dom, Kabu, Lueng Kebe Jagat, Babah Lueng, Kaula Tripa, dan Drin Tujoh. 

 

Menurut data, yang terkena dampak sementara menunjukkan bahwa rumah dan fasilitas terendam banjir, termasuk 2.856 rumah, 2 sekolah, dan  1 puskesmas pembantu (pustu)

 

Pada saat yang sama, ada beberapa kepemilikan warga yang terdampak, yakni beberapa hektar sawah terendam banjir. 

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menemukan sebuah rumah rusak parah. 

 

Dalam menghadapi banjir, BPBD, TNI, Polri, organisasi  daerah terkait, aparat desa dan jalan, serta warga setiap selalu bersiap jika warga memeerlukan bantuan. (pr)

=