Notification

×

Iklan

Iklan

Bangun Motivasi Guru Menulis Artikel Ilmiah, Prodi Bahasa Inggris Uhamka adakan Pelatihan

24 Desember 2021 | Jumat, Desember 24, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-24T00:08:39Z


Serambiupdate.com
- Tim Pengmas SPS  Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA prodi Bahasa Inggris mengadakan pelatihan  untuk memberi bantuan kepada guru Bahasa Inggris Tsanawiyah dibawah naungan MGMP Karawang pada Rabu (8/12).


Kegiatan ini diadakan karena masih banyak guru menghadapi kesulitan dalam memahami penyusunan artikel ilmiah. Guru  tidak tertarik mempublikasikan hasil penelitian merekan karena tidak memahami pedoman penyusunan artikel ilmiah. 


Hal ini merupakan salah satu sebab mengapa guru tidak termotivasi untuk menulis artikel ilmiah. Padahal Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah mampu menulis karya ilmiah. 


Menulis karya ilmiah dapat meningkatkan kompetensi khususnya kompetensi pengajaran dan kompetensi profesional. Dengan menulis karya ilmiah, guru dituntut untuk banyak membaca berbagai informasi yang berhubungan dengan topik tulisan, dan menuangkan buah pikirannya kedalam bentuk tulisan.


Tujuan utama Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini adalah memberikan pelatihan cara menulis jurnal artikel, memotivasi guru untuk menulis, dan mendampingi guru menulis artikel ilmiah.  


Peserta yang Akan mengikuti pelatihan ini adalah guru-guru Madrasah Tsanawiyah Al-Ahliyah beserta guru Tsanawiyah dari berbagai sekolah Tsanawiyah di dibawah naungan MGMP Karawang. Peserta pelatihan kali ini   keseluruhannya berjumlah 25 guru, dan keseluruhan adalah guru Bahasa Inggris. 


Seperti yang telah diterangkan sebelumya, para peserta ingin menerbitkan naskah ilmiahnya, akan tetapi kendala utamanya adalah sebagian besar belum mempunyai pengalaman menulis karya ilmiah dan belum pernah mendapat pelatihan menulis karya ilmiah.  


Pada pelatihan ini Tim Pengmas Uhamka menggunakan metode ceramah/ lecturing dengan menggunakan Ppt dan contoh Artikel jurnal dari Sinta 2-6. Metode yang juga dipakai adalah diskusi dan tanya jawab. 


Peserta dapat mengajukan pertanyaan mengenai penulisan artikel ilmiah dan dijawab oleh Tim Pengmas. Peserta juga bertanya mengenai contoh artikel yang dibagikan kepada para peserta. Pada metode simulasi Tim Pengmas memberikan latihan kepada para peserta. 


Kegiatan pelatihan ini berjalan dengan efektif. Para peserta yang koperatif, serta dukungan dari sekolah membuat pelaksanaan Pengmas dapat berjalan dengan lancar.


(ADP)

=