Notification

×

Iklan

Iklan

Sekolah Wahana Belajar Penting bagi Mahasiswa

05 Oktober 2021 | Selasa, Oktober 05, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-05T14:49:36Z


Serambiupdate.com Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan. Pengenalan Lapangan Persekolahan ini merupakan bentuk awal pembelajaran mahasiswa dalam mengenal suatu lembaga persekolahan. Secara umum program pengenalan lapangan persekolahan bertujuan untuk membentuk dan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang pengetahuan, keterampilan dan sikap professional mahasiswa sebagai calon pendidik (guru).


Muhammad Rizal Ramli, Al Dwi Nurtoro Mangun Kusumo, Venna Melati, Dina Souvanna Harianja, G. Andrea Siahaan, dan Andini Putri Mochamad Nur merupakan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang melakukan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan. Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tersebut memilih SMA Negeri 92 Jakarta sebagai objek yang akan diobservasi. Sekolah ini terletak di Jl. Komplek. Pemadam Kebakaran, Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Kota Jakarta Utara. 


Program ini mengajak mahasiswa untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait lembaga persekolahan. Mulai dari wawancara dengan kepala sekolah dan guru pamong, kemudian dilanjutkan dengan observasi lingkungan sekolah. Bapak Drs. Suyanto, MM – kepala SMAN 92 Jakarta, memberikan informasi terkait SMAN 92 Jakarta yang dibantu oleh Wakil di Bidang Sarana dan Prasarana dan Staff Wakil Kesiswaan di Bidang Tata Tertib. 


Dalam proses wawancara, Kepala SMAN 92 Jakarta mengatakan, “Sekarang pembelajaran tatap muka terbatas. Maka dari itu, kami melakukan teknis separuh ganjil dan separuh genap. Kemudian dapat kami atur kembali agar mudah mengurus administrasinya.”


Pernyataan dari Kepala SMAN 92 Jakarta menunjukkan bahwa SMAN 92 Jakarta berhasil lolos melakukan pembelajaran tatap muka. Dengan mematuhi protokol kesehatan, kegiatan belajar mengajar tetap dilakukan dengan baik dan maksimal.


Menariknya, kehadiran mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia disambut hangat oleh Kepala SMAN 92 Jakarta. Bertepatan dengan guru yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang mengajar di SMAN 92 Jakarta.


“Terimakasih atas kunjungannya dalam Program Pengenalan Lapangan Persekolahan. Terima kasih sudah mempercayai SMA Negeri 92 Jakarta mudah-mudahan kerjasama ini dapat terjalin dengan baik di kegiatan atau program selanjutnya.”, ucap Kepala SMAN 92 Jakarta.


=