Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka Melaksanakan PLP 1 di SDN Kalibata 04 Pagi sebagai Medan Pertama Tingkatkan Kemampuan Komunikasi dan Teknologi

04 Oktober 2021 | Senin, Oktober 04, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-04T08:54:09Z

 


Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka adakan PPL 1 yang terdiri dari Fadhilah Hilmi, Cahaya Sofwatillah, Faiq Alwan Fauzan, Nadia Zahrah, Fadhilah Anggraini, Aulia Zahrotus Saomi, dan Alian Dwi Sefian dibantu oleh dosen pembimbing Agus Pambudi Dharma MSi.

 

Kegiatan PLP 1 ini dilaksanakan di SDN Kalibata 04 yang berlokasi di Jl. Kalibata Timur IV E No. 4. Pada kegiatan ini, mahasiswa melakukan sesi wawancara kepada kepala SDN Kalibata 04 Pagi, Jajuli M.Pd terkait karakteristik umum peserta didik; struktur organisasi dan tata kerja sekolah; peraturan dan tata tertib sekolah; kegiatan-kegiatan seremonial-formal di sekolah; kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuluer, dan; praktik-praktik pembiasan dan kebiasan positif di sekolah.

 

Beliau menanggapi kegiatan ini dengan positif karena SDN Kalibata 04  Pagi telah ditunjuk oleh mahasiswa sebagai lokasi pelaksanaan PLP 1. Beliau juga mengapresiasi kami sebagai calon pendidik yang nantinya akan menggantikan perannya. Selain kepala sekolah, mahasiswa juga melakukan wawancara kepada salah satu guru SDN Kalibata 04 Pagi, Firdaus Ahmad S.Pd terkait kegiatan pembelajaran secara luring/daring yang dilakukan pada saat pandemi Covid-19; proses penilaian yang dilakukan dalam pembelajaran luring/daring/blended; kendala yang ditemui selama pembelajaran luring/daring/blended; motivasi siswa selama pembelajaran luring/daring/blended. Beliau sangat senang kepada mahasiswa yang telah melaksanakan PLP 1 sekaligus silaturahim di SDN Kalibata 04 Pagi.

 

Seperti yang kita ketahui bahwa siswa-siswi SDN Kalibata 04 Pagi ini memiliki kebiasaan positif yang biasa dilakukan sebelum adanya pandemi adalah Tadarus dan Tahlil Bersama setiap hari jumat di lapangan sekolah sebelum masuk kelas, kegiatanini terus berlangsung dimasa pandemi melaui zoom meeting dan dibagi menjadi 2 sesi antara kelas rendah dan kelas tinggi. Kebiasaan lain yang sudah dilakukan oleh siswa-siswi SDN Kalibata 04 Pagi ini adalah 7S yaitu, Senyum, salam, sapa, sopan, santun, semangat dan sukses yang mana sebelum masuk kedalam gerbang siswa-siswi SDN Kalibata 04 Pagi akan menyapa guru-guru piket dan diarahkan kedalam kelas namun sebelum masuk kelas siswa-siswi dibiasakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

 

Mahasiswa juga melakukan observasi lingkungan sekolah untuk mengetahui apa saja yang ada di lingkungan sekolah, seperti fasilitas belajar seperti ruang kelas dan perpustakaan, fasilitas olahraga, sarana ibadah seperti musholah, dan sarana penunjang protokol Kesehatan seperti banyaknya wastafel untuk cuci tangan di setiap sudut sekolah.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah kemampuan mahasiswa sebagai calon pendidik, baik itu kemampuan berkomunikasi, kemampuan teknologi, dan lainnya.

 

=