Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PGSD Uhamka Adakan PLP 1 di SDN Tengah 01 Pagi untuk Mengenal Kultur Sekolah

04 Oktober 2021 | Senin, Oktober 04, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-04T09:17:15Z



Serambiupdate.com Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Uhamka yaitu Ayudya Khoirunisa, Annisa Isti Hajar Widuri, Aprilia Sulistiani, Rabiatul Adawiyah dan Robiiatul Adawiyyah melakukan kegiatan PLP 1 di SDN Tengah 01 Pagi selama 6 hari (24-29/09). SDN Tengah 01 Pagi berlokasi di Jl. Raya Inpres No.64, RT.3/RW.2, Kp. Tengah, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

 

Sehubung dengan Kepala Sekolah di SDN Tengah 01 Pagi ini baru saja dilantik ke sekolah ini per (4/09), dan masih memasuki tahap pengenalan di lingkungan sekolah yang baru. Oleh karena itu, wawancara pada kegiatan PLP 1 dilaksanakan dengan 3 narasumber yaitu Mardi Suci Rahayu SPd selaku Kepala Sekolah, Maria Ulfah MPd selaku wakil Kepala Sekolah serta Ibu Etiek Kurniawati SPd selaku Guru Pamong.

 

Mardi Suci Rahayu SPd selaku Kepala Sekolah dan  Maria Ulfah, M.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah sangat senang dengan adanya kehadiran mahasiswa ke sekolah ini untuk melaksanakan observasi, kehadiran mahasiswa disambut dengan hangat.

 

Selain itu, Mardi Suci Rahayu SPd mengatakan, “Dengan adanya kegiatan PLP 1 sangat diharapkan adanya kalaborasi antara mahasiswa dengan sekolah. Kegiatan ini dilakukan secara langsung dengan tetap menaati protokol kesehatan yang ketat.

 

Maria Ulfah MPd selaku Wakil Kepala Sekolah menuturkan, “Karakteristik dari setiap peserta didik bermacam-macam dan beraneka-ragam. Dari latar belakang yang berbeda-beda, tapi dalam sekolah SDN Tengah 01 Pagi memiliki tujuan yang sama yaitu mengembangkan, mencari hal-hal baru mencari prestasi baru untuk kemajuan SDN Tengah 01 Pagi.”

 

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh siswa seperti bulutangkis sudah menjuarai sampai tingkat nasional. Kemudian kriket sudah menjuarai sampai tingkat provinsi dan masih banyak lagi prestasi-prestasi siswa di SDN Tengah 01 Pagi. Berdasarkan struktur organisasi dan tata kerja di sekolah SDN Tengah 01 Pagi Ibu Mardi Suci Rahayu SPd selaku Kepala Sekolah membawahi 32 orang tenaga pendidik mulai dari PNS, KKI maupun Honor Murni.

 

Peraturan dan tata tertib yang ada di SDN Tengah 01 Pagi sama dengan peraturan di sekolah pada umumnya. Apabila ada siswa yang melanggar akan mendapatkan sanksi berupa pemanggilan orang tua, membuat surat permohonan, hingga pencabutan akses KJP siswa.

 

Menurut Ibu Maria Ulfah, “Praktik-praktik pembiasaan yang diterapkan di sekolah yaitu pada hari Senin melakukan kegiatan upacara, hari Selasa melakukan senam bersama, hari Rabu melakukan kegiatan pramuka, hari Kamis melakukan kegiatan literasi, hari Jum’at melakukan kegiatan keagamaan seperti sholat Dhuha dan melaksanakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).

 

Selama Pandemi Covid-19 di SDN Tengah 01 Pagi ini guru dan siswa melangsungkan pembelajaran secara daring dengan memberikan materi menggunakan WhatsApp (WAG), Google Classroom serta Youtube. Kendala yang dihadapi selama pembelajaran daring menurut Ibu Etiek Kurniawati, S.Pd. selaku Guru Pamong adalah peserta didik prestasi nya menurun saat pembelajaran daring. Terbatasnya dawai untuk pembelajaran daring, serta keterlambatan dalam pengiriman tugas yang diberikan oleh guru karena keterbatasan kuota internet yang dimiliki peserta didik.

 

Banyaknya motivasi yang diberikan oleh Ibu Etiek Kurniawati SPd selaku Guru Pamong diantaranya seperti melakukan sesi tanya jawab seperti cerdas cermat melalui Zoom. Sehingga peserta didik merasa antusias dan memahami materi yang telah diberikan oleh guru.

 

Setelah mengikuti PLP 1 ini mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan tentang kultur sekolah di SDN Tengah 01 Pagi serta pengalaman yang nantinya akan dibutuhkan di dunia kerja yang sesungguhnya.

=